Dua Toko Ludes Terbakar

Silampari Online,

REJANG LEBONG – Musibah kebakaran kembali terjadi di kompleks pertokoan Jalan Muhammad Hasan Kelurahan Kepala Siring, Kecamatan Curup. Lokasi kebakaran itu berada disamping Pasar Bang Mego Curup,Senin pagi (28/1) sekitar pukul 08.30 WIB.

Muat Lebih

Api diduga berasal dari jaringan listrik di atas Toko kelontongan milik Deki (38) warga pasar atas Curup dan toko manisan milik Rahmad (50) warga Tebing Benteng kelurahan kepala Siring.

Melihat kondisi asap yang mengepul dari kedua toko tersebut, sontak menjadi perhatian pengguna jalan dan pemilik toko lainnya. Anggota kodim 0409 Rejang Lebong ,anggota polres Rejang Lebong untuk membantu memadamkan api dengan peralatan seadanya dan menyelamatkan barang-barang jualan sebelum petugas pemadam kebakaran tiba dilokasi.

Eduardo (25) warga Kelurahan Air bang kecamatan Curup Tengah yang hendak mencari barang di pasar Bang Mego mengatakan awalnya pemilik toko Kelontongan keluar dari toko dan melihat kepulan asap,sehingga Ia berteriak mintak tolong melihat dari lantai dua pasar Bang Mego.

Dirinya bergegas turun ternyata kebakaran dan ikut membantu mengeluarkan barang jualan dua toko tersebut

“Tiba-tiba saja asap mengepul dari atas kedua toko,karena memang tempatnya dilantai dua jelas tidak bisa membantu memadamkan api kami hanya berusaha menyelamatkan barang jualan sambil menunggu petugas pemadam kebakaran tiba,” kata Edo sapaan akrabnya.

Beruntung Warga setempat dibantu sejumlah personil Kodim 0409 Rejang Lebong, Polres Rejang Lebong dan armada PBK cepat tiba di lokasi dan memadamkan api, sehingga tidak sampai menyambar ke toko sebelahnya Gudang toko semarang milik Heri Susanto (31) warga jalan Menuju, Hasan no 64 dan toko mainan jihan milik Rahim (48) warga Kelurahan Temple.

Kendati demikian, tidak menimbulkan korban jiwa, namun musibah kebakaran yang terjadi di kawasan pasar Bang Mego Curup ini ditafsir mengakibatkan kerugian hingga ratusan juta rupiah.

Salah seorang pengunjung pasar, Moli (25) mengatakan jika kebakaran baru diketahui saat api telah membesar membakar dan mulai menjalar kedua toko.

“Ketahuannya saat asap sudah mengepul tebal menutupi atap kedua bangunan toko tersebut Pak,” ujarnya.

Sementara itu, Rahmad (50) salah satu pemilik toko mengaku sempat berhasil menyelamatkan sejumlah barang dagangannya yang ada di dalam toko. Kendati api tak membakar hangus semua barang dagangannya, namun dipastikan dirinya mengalami kerugian ratusan juta rupiah.

“Tidak tahu penyebabnya apa. Tiba – tiba saja api sudah membakar isi toko manisan saya. Untung segera tahu, jadi sebagian kecil barang bisa segera diselamatkan,” ucap Rahmad.

Sementara itu, kebakaran yang terjadi mengakibatkan kemacetan di ruas jalan M Hasan lantaran aksi anggota PBK Rejang Lebong dibantu Warga setempat dan anggota Kodim 0409 Rejang Lebong serta Polres Rejang disaksikan ratusan Warga sekitar dan Warga pengunjung pasar yang kebetulan sedang berada di lokasi. Tampak dilokasi juga hadir Wakil Bupati Rejang Lebong, H.Iqbal Bastari.

“Kita prihatin dengan musibah ini. Semoga ini menjadi pelajaran bagi semua Warga agar berhati – hati dan selalu waspada terhadap segala kemungkinan yang bisa menyebabkan kebakaran terjadi,”kata Wabup.

Kepala Dinas Kebakaran Kabupaten Rejang Lebong, Sumardi dikonfirmasi mengatakan pihaknya mendapat laporan ada kejadian kebakaran itu langsung bergerak cepat dengan menurunkan 2 unit mobil pemadam kebakaran.

“Bersama anggota Kodim dan Polres serta masyarakat api berhasil kita jinakkan setelah sekitar 30 menit dan tidak ada korban jiwa melainkan korban materi soalnya barang jualan,” terangnya.(HS-06)