Empat Calih DPRD Mura Diajukan Jadi Pimpinan Dewan

SILAMPARI ONLINE

Sebanyak empat caleg terpilih (Calih) diajuhkan untuk menjadi unsur pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Musi Rawas (Mura) periode 2019-2024. Dimana, empat Calih tersebut merupakan dari partai Golongan Karya (Golkar).
Wakil Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Mura, Yansuri mengatakan bahwa, kehadirannya dalam rapat pleno karena sudah menjadi peraturannya dalam mengajukan pimpinan dewan. “Bila tidak ada perwakilan dari DPD Sumsel, maka pleno tidak sah,” jelas Yansuri, Selasa (3/9).

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa, untuk empat Calih yang diajukan menjadi unsur pimpinan yakni, Firdaus Cik Olah, Rosalia, Nawawi dan Firdaus. “Kami hanya mengajukan, sedangkan yang menentukan yakni DPP Golkar,” terangnya.

Menurutnya, untuk menjadi unsur pimpinan ada kriterianya, seperti jumlah suara, pengurus harian partai, incumbent dan pendidikan minimal S1. Termasuk, tidak pernah menjadi pengurus partai lain.
“Syarat tersebut menjadi pertimbangan utama. Sehingga, apabila tidak terpenuhi maka akan diambil alih DPD Provinsi,”ungkapnya. Sementara itu, Ketua DPD Golkar Kabupaten Mura, Firdaus Cek Olah menjelaskan bahwa, dalam Pemilihan Umum (Pemilu) tahun ini Golkar Mura mendapatkan tujuh kursi dan 40.309 suara.
“Pada periode ini Golkar menambah dua kursi mencapai tujuh kursi dari periode sebelumnya lima kursi serta mendapatkan suara terbanyak,”tutur Firdaus.
Terlepas dari itu, untuk mendapat kursi tambahan tersebut. Maka pihaknya sudah bekerja maksimal. Namun, untuk Pilkada 2020, Golkar butuh satu kursi lagi untuk dapat mengusung calon kepala daerah (Calonkada).
“Intinya untuk menjadi unsur pimpinan DPRD kami menunggu ketetapan DPP sesuai dengan aturan yang ada,”pungkasnya. (HS-03)