oleh

Empat Lawang Miliki 500-an Masjid

-Tak Berkategori-347 Dibaca

□ Siap Tampung Proposal Masjid

Hingga saat ini, setidaknya 500 unit masjid dan Mushola terdata di wilayah Kabupaten Empat Lawang. Apa kata Kepala Bagian Kesra Setda Empat Lawang, Sumardi tentang ini, berikut penuturannya.

Laporan : Oci/Empat Lawang.

MASJID, bangunan tempat ibadah bagi orang muslim ini, sangat mudah ditemukan dalam wilayah Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati. Wajar saja, karena hampir seluruh masyarakat di kabupaten ini, merupakan pemeluk agama Islam.

Setiap desa/kelurahan, pasti memiliki bagunan masjid, bahkan hampir setiap dusun/RW, ada bagunan masjid/mushala.

Bagi masyarakat Kabupaten Empat Lawang, masjid tidak hanya untuk tempat menunaikan ibadah Shalat atau tempat mengaji. Lebih dari itu, beberapa masjid dijadikan tempat bermusyawarah desa meneyelesaikan beberbagai persoalan kehidupan sehari-hari, karena masjid dianggap masyarakat sebagai tempat yang netral untuk menyelesaikan suatu masalah dalam kehidupan bermasyarakat.

Berdasarkan data Pemerintah Daerah (Pemda) Empat Lawang, setidaknya ada 500 masjid dan mushola yang ada di kabupaten ini. Hal teraebut diakui Kabag Kesra Setda Empat Lawang, Sumardi. Sejauh ini Pemda Empat Lawang, sudah memperhatikan masjid termasuk memberikan bantuan berupa dana hibah atau sejenisnya, untuk pembangunan atau perehaban masjid.

“Iya, ternyata masjid dan musholah di Kabupaten Empat Lawang ini cukup banyak lebih kuranglah berkisar 500-an unit jumlahnya,” ungkap Sumardi, Kamis (22/3).

Sumardi mengaku, Kecamatan Lintang Kanan dan Muara Pinang paling banyak memiliki Masjid, bahkan dalam satu Desa di Kecamatan tersebut, ada beberapa unit masjid atau musholanya.

“Semuamya ramai terus masjidnya itu dan itu akan kita cek terus jangan sampai mereka mengajukan usulan tapi masjidnya tidak ada,” ujarnya.

Dia menambahkan, dengan banyaknya Masjid di Empat Lawang ini diharapkan, masyarakat dapat memakmurkan masjid tersebut, dengan mengadakan shalat berjamah di masjid.

“Tingkat ke agamaan kita ini relatif masih minim, makanya sering terjadi tindak kejahatan. Dengan adanya Masjid tingkat keimanan kita bisa meningkat,” imbuhhya

Disisi lain, Sumardi berkata, masjid dan mushola yang terdaftar di Pemkab Empat Lawang, silahkan mengajukan proposal bantuan pihaknya siap menampung.

“Nah yang terdaftar ini bisa mengajukan proposal ke kita, tapi sesuai dengan kemampuan pemda. Dan sesuai dengan kelayakan yang diusulkan,” tukasnya.(*)

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
Harian Silampari merupakan nama daerah di Bumi Silampari yang memiliki tiga wilayah satu kota dan dua kabupaten di provinsi Sumsel