oleh

Enam Fraksi Dewan Sampaikan Pandangan Raperda APBD 2021

 

Silampari Online,

MUSI RAWAS- Bertempat di ruang rapat paripurna, Selasa (8/6/2021) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Musi Rawas (Mura) melaksanakan rapat Paripurna dalam rangka mendengarkan pemandangan umum fraksi-fraksi Dewan atas penyampaian Rencana Peraturan Daerah (Raperda), tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2020.

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Mura, Azandri yang diwakili oleh Wakil Ketua I, Firdaus Cikolah didampingi Wakil Ketua II, Hendra Adi Kusuman dan dihadiri Bupati Mura, Hj Ratna Machmud, Penjabat (Pj) Seksa Mura, Edi Iswanto dan diikuti 21 anggota DPRD Mura beserta jajaran unsur Forkompinda dan pejabat dilingkungan Pemkab Mura.

Melalui, juru bicarany masing-masing, enam fraksi dewan di DPRD Kabupaten Mura menyampaikan pandangannya. Adapun Fraksi PDI-P disampaikan oleh Febriansyah, Fraksi Partai Golkar oleh Hj Habsorini, Fraksi Partai Nasdem oleh Hj Destriniati, kemudian Fraksi Partai Gerinda disampaikan oleh Yani Andika, dan Fraksi PAN disampaikan oleh Imam Kurniawan serta Fraksi PKS disampaikan oleh Imron.

Dari kesemua pandangan yang disampaikan enam fraksi dewan di DPRD Kabupaten Mura, menyampaikan apresiasi terhadap kinerja Pemkab Mura yang mampu meraih penghargaan Wajar Tanpa Opini (WTP) lima kali berturut-turut atas pemeriksaan keuangan daerah yang disampaikan oleh BPK RI perwakilan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Seperti disampaikan, Fraksi PDI-P yang disampaikan melalui juru bicaranya, Febriansyah mengatakan, fraksi PDI-P memberikan apresiasi atas capian WTP dari BPK RI perwakilan Sumsel yang keenam kali dan lima kali berturut-turut, dengan harapan prestasi tersebut dapat dipertahankan.

Selain menyampaikan apresiasiapresiasi, Fraksi PDI-P juga meminta agar Pemkab Mura segera menyelesaikan permasalah tapal batas desa, karena sebelumnya terjadinya permasalahan karena ketidakjelasan batas. Kemudian juga meminta, kejelasan anggaran Pilkades mulai dari awal tahapannya. Agar percairannya tidak tertunda.

Fraksi PDI-P juga berharap, agar nantinya pelantikan Kepala Desa (Kades) terpilih dilaksanakan dengan mematuhi prokes dan pelantikan dapat dilakukan per wilayah kecamatan atau perzona.

Sama halnya disampaikan, Fraksi Partai Nasdem melalui juru bicaranya, Hj Destriniati mengatakan, selain menyampaikan apresiasi atas raihan WTP, Fraksi Partai Nasdem juga mendorong Pemkab Mura untuk mengupgrade data penerima PKH dan bantuan sosial lainnya, dan meminta kepada Pemkab Mura agar fokus pada percepatan pembangunan ekonomi disektor pendidikan dan kesehatan.

Kemudian disampaikan, Fraksi Partai Gerinda melalui juru bicaranya, Yani Andika meminta kepada Pemkab Mura agar dapat membayarkan TPP ASN tepat waktu, guna meningkatkan kesejahteraan ASN di Kabupaten Mura, meminta kegiatan APBD 2021 lebih tepat sasaran agar hasilnya dapat dirasakan masyarakat. (Kris-ADV)