Faktor Usia, Jantung BJ Habibie Menyerah

SILAMPARI ONLINE

FIN.CO.ID, Jakarta- Presiden RI ke-3, Bacharuddin Jusuf Habibie (BJ Habibie) wafat pada Rabu 11 September 2019 di RSPAD Gatot Soebroto, sekitar pukul 18.00 WIB. Habibie meninggal pada usianya yang ke-83.

Anak Habibie, Thareq Kemal Habibie menjelaskan, BJ Habibie meninggal karena usianya yang sudah menua. Sehingga organ-organ tubuhnya kian melemah.

“Alasan kenapa meninggal adalah karena sudah menua dan memang kemarin kan saya katakan bahwa gagal jantung yang mengakibatkan karena penuaan itu karena memang orang menjadi tua. Organ-organ itu melemah menjadi tidak kuat lagi,” ujar Thareq kepada wartawan di RSPAD Gatot Soebroto.

Hingga pada pukul 18.05, jantung Habibie menyerah dan berhenti dengan sendirinya.

“Maka tadi jam 18.05, jantungnya dengan sendiri menyerah. Sampai detik terakhir saya ada di situ. Tapi hari ini pada tanggal 11 September, jam 18.05 Presiden RI ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie sudah meninggal dunia.” Katanya

Thareq menjelaskan, tim dokter dari berbagai spesialis penyakit telah bekerja dengan baik untuk kesembuhan Habibie.

“Semoga, tim dokter sudah berbuat yang terbaik. Tidak ada yang bisa dibuat apa-apa lagi, mohon doanya, mohon dukacitanya, kami berterima kasih, mohon pengertian bahwa kami dalam keadaan berkabung.” Pungkas Thareq.

Rencananya, almarhum akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP), Kalibata, Jakarta Selatan. Tepatnya di samping makam almarhumah sang istri, Asri Ainun. (dal/fin)