oleh

Foto KTP-el Bisa Diganti, Berikut Ketentuannya

-Musi Rawas-127 Dibaca

Silampari OnlineĀ 

MUSI RAWAS- Perekaman KTP-el dilakukan dengan memindai iris mata, sidik jari dan tentunya foto pemohon yang bersangkutan dengan latar belakang warna merah untuk tahun kelahiran ganjil dan biru untuk tahun kelahiran genap.Namun masih banyak masyarakat Kabupaten Musi Rawas (Mura) yang bertanya apakah foto yang terdapat pada KTP-el dapat diganti, diperbarui, atau difoto sendiri.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mura, H Y Mori melalui Kepala Bidang (Kabid) Kependudukan mengatakan bahwa pembaharuan foto KTP-el bisa saja dilakukan dengan beberapa ketentuan, misalnya kesalahan sistem saat KTP-el di cetak dan foto tidak sesuai atau human error yang lainnya.

Dikatakannya, perlu diketahui Kartu Tanda Penduduk elektronik, e-KTP atau KTP-el adalah KTP yang dibuat secara elektronik. Dimana, baik dari segi fisik maupun penggunaannya berfungsi secara komputerisasi. Secara sederhana, KTP-el berasal dari kata electronic-KTP, atau Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau sering disingkat KTP-el.

Lebih rincinya, KTP elektronik adalah dokumen kependudukan yang memuat sistem keamanan atau pengendalian baik dari sisi administrasi ataupun teknologi informasi dengan berbasis pada basis data kependudukan nasional. Dimana, foto pada KTP-el sejatinya berlaku untuk seterusnya karena data biometrik yang bersangkutan telah terdaftar di sistem kami dan data tersebut dapat digunakan sewaktu-waktu apabila diperlukan oleh pemohon, namun untuk perubahan foto KTP-el itu bisa dilakukan.

Menurut ia, hal tersebut sebagaimana telah dijelaskan oleh Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Dukcapil Kemendagri) bahwa foto KTP elektronik bisa diganti, namun ada beberapa syarat yang harus dipenuhi antara lain Pertama, warga boleh diganti apabila ada perubahan fisik. Misalnya, pemilik KTP-el dulu belum memakai jilbab sekarang sudah berjilbab. Kedua, Dukcapil Mura mengizinkan penggantian foto apabila pemilik sekalian mengganti KTP-el jika sudah rusak. Kerusakan tersebut misalnya, kartu terkelupas atau foto yang tercetak sudah buram.

“Warga bisa mengganti foto dengan cara membuat foto baru di Disdukcapil,”ucapnya.

Terlepas dari itu, syarat penggantian foto KTP-el sangat mudah. Warga cukup bawa KTP-el lama dan kartu keluarga ke Dinas Dukcapil. Bahkan, untuk waktu penyelesaiannya sendiri jika tidak ada kendala sistem dan jaringan maka bisa ditunggu. (Musyanto)