Gaji Honorer Bakal Naik

ilustrasi.net

*Masih Ada Bergaji Rp 150 Ribu

LUBUKLINGGAU
– Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy merencanakan gaji guru honorer disetarakan paling tidak sama dengan upah minimum regional (UMR).

Dan hal itu bisa terlaksana apabila skema pendanaan gaji dilakukan melalui Dana Alokasi Umum (DAU) disetujui.

Muat Lebih

Menyikapi rencana itu, kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Lubuklinggau Tamri mengaku setuju jika memang gaji para honorer dinaikan.

“Memang sebenarnya honor yang didapat kurang memadai bagi guru honorer, oleh karena itu kita setuju kalau memang ada rencana untuk menaikan gaji mereka,”kata Tamri.

Hanya saja lanjutnya, kenaikan gaji itu dananya berasal dari pusat, jangan dibebankan ke APBD. “Ya kalau bisa dananya dari pusat, jangan membebani APBD,”Harap Tamri.

Sementara itu ketua Forum Guru Tenaga Kependidikan Non PNS (FGTK Non PNS) Alvinus menyambut baik rencana kenaikan gaji guru honorer.

“Bicara tentang guru honorer, tentu bicara tentang kesejahteraan, kita tidak bermasalah kerja ini itu, asal kesejahteraannya tercukupi,” tegas Alvinus.

Guru honorer ini, orangnya menurut apa kata pimpinan,sehingga apapun pekerjaan di lingkungan kerja dikerjakan agar mendapatkan sedikit rezeki baik dari guru pNS maupun kepala sekolah.

Bicara gaji honorer, tidak semuanya sama dipukul rata dalam kota Lubuklinggau. Menurut Alvinus, besaran gaji disesuaikan beberapa hal, seperti berapa lama masa kerja, ada juga kebijakan kepala sekolah, tetapi tergantung dengan pendapatan dana sekolah melalui dana BOS sesuai jumlah murid.

“Gaji dibayarkan berdasarkan pertriwulan, namun ada juga jika kepala sekolah yang sanggup membayar perbulan, dan sebagian sekolah ada,”akunya.

Alvinus mengungkapkan besaran gaji honorer, masih ada yang Rp 150 ribu, dan biasanya sekolah ini jumlah siswanya sedikit, ataupun dalam satu sekolah banyak guru honorernya.

“Rencana pihak kementerian mau naikin gaji kita, sungguh menjadi harapan besar bagi guru honorer yang berjumlah 900an orang di Lubuklinggau ini ,”ungkapnya.(HS-02)