Galakkan Sistem Gotong Royong

Kepala BPBD Empat Lawang, Kuswinarto.

SILAMPARI ONLINE, EMPAT LAWANG – Dilihat dari letak geografisnya memang Kabupaten Empat Lawang dikelilingi perbukitan yang cukup curam yang rentan terkena bencana alam.

Saat musim penghujan seperti sekarang ini warga Empat Lawang, diminta waspada terhadap bencana alam tanah longsor dan banjir.

Muat Lebih

“Sebagai daerah yang geografisnya cukup rentan dengan bencana alam seperti longsor dan banjir, masyarakat diminta waspada terhadap bencana tersebut,” ujar Kepala BPBD Kuswinarto kepada wartawan, Kamis (20/2).

Kuswinarto mengatakan, memasuki musim penghujan yang intensitasnya cukup tinggi pada akhir-akhir ini akan menimbulkan pengaruh pada pergeseran tanah, terutama tebingan, atau perbukitan.

“Sedia payung sebelum hujan, mungkin pepatah ini yang dapat saya gambarkan kepada masyarakat, terutama tempat tinggalnya yang berdekatan dengan bencana alam banjir dan longsor tersebut,” terangnya.

Selanjutnya ia menghimbau dan mengajak kepada masyarakat terutama para pejabat kecamatan dan
pejabat desa untuk bersama-sama masyarakat menggalakkan gotong royong seperti membersihkan selokan.

“Kan unsur pejabat daerah seperti camat, dan Kades dapat berkordinasi dengan masyarakat setempat, untuk bersama-sama menggalakkan sistem gotong royong agar terhindar dari bencana,” tandasnya. (frz)