Galang Data, Tim Bappeda Tour ke Desa

Silampari Online,

EMPAT LAWANG – Terobosan baru dilakukan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Empat Lawang, dalam rangka menggalang bahan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang), mereka turunkan tim tour desa ke sejumlah wilayah pedesaan se-Kabupaten Empat Lawang.

Muat Lebih

Kepala Bappeda Empat Lawang, Yulius Sugiantara mengatakan, pihaknya melakukan hal ini sebagai bahan perencanaan pembangunan prioritas kabupaten Empat Lawang, tahun 2019.

“Insyaallah semua desa kita jangkau. Kita bagi beberapa tim dan Alhamdulillah untuk Kecamatan Saling dan Kecamtan Muara Pinang, sudah rampung tinggal beberapa kecamatan lainnya lagi,” kata Yulius saat ditemui di ruang tugasnya, Kamis (1/2).

Selanjutnya Yulius menjlaskan, program ini disambut baik pihak kecamatan bahkan pemerintah desa. Semua usulan yang prioritas pihaknya catat dan akan dibawa secara bertahap mulai dari mulai Musrembang tingkat kecamatan sampai Musrembang tingkat kabupaten nantinya.

“Kedepan, program prioritas sudah terencana dengan baik sesuai kesepakan dan hasil Musrembang berdasarkan bahan dan memang kebutuhan mendesak sesuai hasil data kita dilapangan itu tadi,” urainya.

Bisa saja, lanjut dia, satu desa ada dua program prioritas, sehingga semua usulan desa yang menjadi perioritas akan dibahas ke tingkat kecamatan untuk dipilah lagi. “Sekali lagi, Alhamdulillah para kades menyambut baik,  karena tim langsung meninjau dan dapat dijadikan bahan dalam pembahasan,” imbuhnya.

Dengan sitem kerja seperti ini, kata Yulius lagi, pihaknya berharap setiap selesai Musrembang ada dokumen resmi yang bisa dijadikan acuan dan usulan apakah pembangunan dilakukan dengan APBD,  DAK atau usulan dana lainnya. Karena memang semuanya sudah dibuat dokumen sesuai hasil Musrembang dan data kelapangan.

“Jika pembicara kita pada Musrembang orang pusat atau provinsi, mereka langsung bisa membawa dokumen usulan, kemudian dapat di masukan dalam anggaran yang mereka punya,” pungkasnya. (HS-04)