Gandeng Lima SD Cetak KIA

Silampari Online

REJANG LEBONG – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Rejang Lebong menggiatkan pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) usia 5 hingga 15 tahun. Salah satunya menggandeng sekolah-sekolah di Kabupaten Rejang Lebong membuat KIA.

Muat Lebih

Kepala Dukcapil Kabupaten Rejang Lebong, Muradi melalui Kabid Pendaftaran dan Pelayanan, Mei Susanti Harahap menyatakan secara bertahap pembuatan KIA melalui sekolah baru dilaksanakan di lima sekolah. Diantaranya SDN 1, Rejang Lebong, SDN 2 Rejang Lebong, SDN 3 Rejang Lebong, SDN 4 Rejang Lebong dan SDN 5 Rejang Lebong.

“Pihak sekolah nanti mengumpulkan berkas persyaratannya dikumpulkan ke Dukcapil untuk selanjutkan dilakukan cetak KIA,” jelas Mei Susanti pada Harian Silampari, Selasa (8/10).

Mei Susanti menyatakan adapun syarat pembuatan KIA berupa fotocopi kutipan akte kelahiran, fotocopi Kartu Keluarga (KK), Pas foto warna 2×3, golongan darah dan syarat lainya. Dalam pembuatan KIA selain pada lima sekolah, secara bertahap juga diberlakukan di Kabupaten Rejang Lebong sendiri jumlah anak disarankan untuk pembuatan KIA sebanyak 78.000 anak.

“Tahap selanjutnya, kita upayakan sekolah-sekolah tak hanya di dalam kota saja, melainkan setiap kecamatan untuk pemerataan,” terangnya.

Dukcapil Rejang Lebong hingga saat ini telah mencetak 1.576 keping KIA. “Stok blangko masih tersedia 17.924 keping. Mesin cetak kita pergunakan untuk pencetakan KIA ada satu unit,” katanya.(HS-06)