Gawat, Wabah Demam Babi Afrika Sudah Sampai Timor Leste

ILUSTRASI-Babi dipertenakan. foto JPNN.COM

SILAMPARI ONLINE

Virus demam babi Afrika telah menyebar sampai Timor Leste. Sejak kasus pertama dilaporkan pekan lalu, penyakit tersebut kini sudah merenggut nyawa 405 ekor babi milik peternak rumahan di Dili.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan data sensus pada 2015, jumlah babi yang diternak di wilayah terjangkit wabah mencapai 44.000 ekor. Hingga saat ini, pihak kementerian belum menemukan bagaimana wabah tersebut bisa masuk Timor Leste.

Demam babi Afrika merupakan virus yang tidak berbahaya bagi manusia, tetapi mematikan untuk babi. Sejauh ini, belum ada vaksin yang dapat mencegah penularan virus tersebut.

Untuk kasus Asia, virus itu pertama kali menjangkit Tiongkok lebih dari satu tahun yang lalu. Wabah kemudian meluas ke Kamboja dan Vietnam. Tiongkok, produsen daging babi terbesar dunia, jadi salah satu negara yang cukup parah terdampak wabah. Virus itu tidak hanya mengganggu produksi babi di Negeri Tirai Bambu, tetapi juga komoditas lain yang menjadi pakan babi seperti jagung dan bungkil kedelai (soymeal). (ant/dil/jpnn/so)