Gedung SDN 9 Sikap Dalam Terbakar

BERSIH : Sejumlah anak-anak membersihkan puing-puing dan menyelamatkan buku-buku pasca kebakaran di SDN 9 Sikap Dalam, Desa Tapa Baru Kecamatan Sikap Dalam, Senin (14/10/2019). Foto : Istimewa.

//Kades : Sudah Lokalnya Kurang, Terbakar Pula

SILAMPARI ONLINE, EMPAT LAWANG – Kebakaran terjadi di gedung sekolah dasar (SD) Negeri 9 Desa Tapa Baru Kecamatan Sikap Dalam, Kabupaten Empat Lawang, Senin (14/10/2019) sekitar jam 14.00 WIB.

Muat Lebih

Tidak ada korban jiwa, namun akibat kejadian itu, satu unit lokal yang digunakan untuk tempat belajar mengajar di sekolah itu hangus terbakar.

Kepala Desa (Kades) Tapa Baru Kecamatan Sikap Dalam, Asoni membenarkan adanya kejadian kebakaran tersebut. Menurut dia, saat kebakaran kondisi di lingkungan sekolah sudah sepi.

“Saat kejadian lingkungan sekolah sepi, anak-anak sudah pulang sekolah,” terang Kades.

Kebakaran ini lanjut dia, diduga kuat faktor dari luar. Sebab, di gedung sekolah itu tidak ada bahan-bahan yang dapat memicu kebakaran. “Kalau listrik jelas tidak ada. Hanya saja di belakang bangunan ada belukar yang terbakar. Kemungkinan api berasal dari belukar yang terbakar tersebut,” sambungnya.

Lokasi gedung sekolah, sambungnya, cukup jauh dari pemukiman. Jaraknya sekitar 200 meter. Kemungkinan inilah yang juga menjadi faktor gedung sekolah sulit diselamatkan dari kebakaran karena baru diketahui warga setelah api membesar.

“Upaya warga ya jangan sampai merembet kebangunan lain saja. Syukurlah, api hanya membakar satu ruang kelas saja,” cetusnya.

Menurut Soni, ruang kelas yang terbakar merupakan ruang kelas yang digunakan kelas 2 dan kelas 5. Dalam arti kata, satu ruang kelas itu dibagi dua (disekat) untuk kelas 2 dan kelas 5.

“Sekolah itu memang kekurangan ruang kelas. Sudah kurang, terbakar lagi. Kita harapkan sekolah ini mendapat perhatian Pemkab kedepannya,” tukasnya. (HS-05)

Penulis : Fahrurozi
Editor : …
Redaktur: Agus Hubya Handoyo