Gerakan Literasi Bangkitkan Minat Baca

Silampari Online

MUSI RAWAS- Duta Literasi Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Hj Percha Leanpuri beserta rombongan menghadiri Safari Gerakan Literasi di Kabupaten Musi Rawas (Mura). Dimana, gerakan ini bertujuan untuk membangkitkan minat baca.

Muat Lebih

Pantauan koran ini, Gerakan Safari Literasi di laksanakan di Hutan Kota Pelangi Agropolitan Center Pusat Perkantoran Pemkab Mura Desa Muara Beliti Baru Kecamatan Muara Beliti Kabupaten Mura, Kamis (17/10) Sekitar Pukul 09.00 Wib. Dalam kesempatan itu di hadiri, Bupati Mura, H Hendra Gunawan dan Ketua TPP Kabupaten Mura, Hj Noviar Marlina Gunawan serta kepala OPD dk Kabupaten Mura.

Selain itu juga dikukuhkan Unisa Siswi SMAN Terawas Dan Yudi Eriansyah dari SMAN Terawas sebagai Duta Literasi Kabupaten Mura. Dalam kesempatan itu, Bupati Mura, H Hendra Gunawan mengucapkan selamat datang di Bumi Lan Serasan Sekentenan kepada Duta Literasi Provinsi Sumatera Selatan, jajaran Dinas Pendidikan dan Dinas Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan beserta rombongan yang telah berkenan melakukan kunjungan di Mura.

“Safari gerakan literasi ini merupakan upaya pemerintah untuk membangkitkan lagi minat baca di Indonesia khususnya di Mura dengan safari gerakan literasi dapat menambah pengetahuan dengan cara gemar membaca melalui pembahasan atau diskusi hingga dapat meningkatkan kualitas dan berkontribusi dalam meminimalisir persoalan-persoalan yang ada,”jelas Hendra.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa, melalui safari ini pemerintah dan masyarakat Mura bisa bekerja sama menumbuhkan minat baca melalui berbagai macam inovasi.

“Mudah-mudahan dengan ini bisa banyak lagi yang datang ke perpustakaan, menambah koleksi buku-bukunya dan cara inovasi lainnya,”terangnya.

Sementara itu, Duta Literasi Provinsi Sumatera Selatan, Hj Percha Leanpuri menjelaskan bahwa kunjungan ini merupakan paling berkesan. Sebab kunjungan kali ini dilaksanakan di taman.
“Ini merupakan kunjungan yang ke 15 dari 17 Kabupaten/Kota, jujur saja Mura yang paling berkesan,”tutur Percha Leanpuri.

Selain itu, arti dari Literasi sendiri pada umumnya belajar membaca dan menulis. Maka sebenarnya itu sudah dilakukan oleh bunda baca mulai dari Desa hingga ke Kecamatan, selain itu sudah turun langsung sekarang ini juga turun langsung ke sekolah.

“Pada dasarnya dari makna Literasi sebenarnya banyak mendapatkan manfaat dengan menulis dan membaca akan lebih banyak menambah kosa kata dan ilmu pengetahuan serta wawasan. Sebab, jika kita punya ilmu dan wawasan tentu saja kita akan bisa bersaing. Namun apabila sebaliknya maka kita tidak akan bersaing,”pungkasnya. (HS-03)