Gusti : Kinerja BUMDES Belum Terlihat Kinerjanya

SIlAMPARI ONLINE,

MURATARA-Hingga kini, kinerja Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) yang telah terbentuk di setiap desa se Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) belum terlihat gerakannnya. Untuk itu, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) dan P3A Muratara yang notabene pembina desa desa akan turun ‘gunung’ mengecek kendala di lapangan.

Muat Lebih

Hal itu diungkapkan Kepala DPMD dan P3A Muratara Gusti Rohmani saat diwawancarai Silampari Online, disela sela acara jalan santai dan senam sehat dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional di Muratara, Kamis (21/11/2019).
Gusti sapaan Gusti Rohmani menegaskan, pihaknya kedepan akan melakukan monitoring dan turun langsung ke desa desa untuk melihat kondisi BUMDES, yang selama belum optimal kinerjanya.
“BUMDES belum ada gerakan, kami selaku pembina akan monitoring kedesa, apa ada masalah dan kalau ada permasalahan secepatnya dicarika solusinya,” jelas mantan Camat Rupit ini.

Lanjut wanita berjilbab ini, pihaknya meyayangkan bila BUMDES yang sudah dibentuk namun tidak berfungsi. Sebab, melalui BUMDES, dapat mensejahterakan masyarakat dengan meningkatkan ekonomi kerakyatan dan kearifan lokal.
“Ya, sangat disayangkan jika tidak dimanfaatkan,” ucapnya.
Disinggung soal dana BUMDES, dia mengaku, seyogyanya kades menyerahkan dana ke BUMDES untuk dikelola pengurusnya.
“Kami menghimbau semua kades menyerahkan dana untuk BUMDES agar dikelola pengurus,” imbaunya.

Laporan : Silampari Online