Hajatan Jangan Ambil Badan Jalan

<small> <div style="text-align:right;">FOTO : AAN/HARIAN SILAMPARI</div></small> Kapolres Lubuklinggau AKBP Dwi Hartono

Silampari Online,

LUBUKLINGGAU – Masyarakat yang akan menggelar hajatan, memanfaatkan akses jalan dengan mendirikan tenda diimbau untuk tidak menutup seluruh badan jalan.  

Muat Lebih

Kapolres Lubuklinggau, AKBP Dwi Hartono mengatakan pihaknya akan mengubah kultur masyarakat yang biasa menggunakan jalan sebagai tempat hajatan. Sehingga tidak sampai mengganggu aktivitas masyarakat yang melintas.

“Jalan ini adalah sarana umum masyarakat umum. Dan ini sudah terbiasa oleh masyarakat,” ujarnya.  

Kata Dwi, dirinya tidak melarang dan tidak masalah dengan adanya tenda hajatan yang dipasang memanfaatkan akses jalan. Namun jangan sampai menghabiskan badan jalan tenda hajatan tersebut. Sebab jalan peruntukannya untuk umum. 

“Setidaknya kasih setengah akses jalan untuk masyarakat melintas,” jelasnya.  

Selain itu, meskipun ada jalan alternatif akan tetapi masyarakat yang melintas mempunyai hak untuk mendapatkan akses jalan. Hak tersebut yang sesuai dan masyarakat menganggapnya itu merupakan akses jalan terdekat.

“Dengan adanya ditutup, artinya mereka akan keliling, akan mutar,” ucapnya.

Karena itu, pihaknya mengimbau dan mengajak masyarakat untuk bersama-sama bekerjasama. “Jadi kita sama-sama. Ayo kita mulai tertibkan ini. Dengan adanya imbauan ini, saya minta kepada seluruh masyarakat mulai menyadari,” ungkapnya.

Dwi kembali menegaskan, dirinya tidak melarang sedikitpun. “Kita mulai rubah sedikit-sedikit kultur dari masyarakat. Saya tidak melarang sedikitpun. Cuma kalau untuk kebaikan, apa sih salahnya. Toh kita berhak semua kok atas jalan tersebut,” pungkasnya.(HS-01)