Hambali Lukman : Tidak Ada Alasan Lagi, Pemkot Tidak Melanjutkan UHC

SILAMPARI ONLINE,

LUBUKLINGGAU-Anggota DPRD Fraksi PDI Perjuangan Kota Lubuklinggau Hambali Lukman menegaskan Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau harus melanjutkan program Universal Health Coverage (UHC). Dengan UHC, masyarakat Lubuklinggau diberikan jaminan kesehatan dengan menjadi program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang dikelola BPJS Kesehatan secara gratis.
“Pemkot tidak ada alasan lagi, tak melanjutkan program UHC,” tegas Hambali sapaan Hambali Lukman, saat reses pimpinan dan anggota DPRD Kota Lubuklinggau masa sidang ke I Tahun 2020 di Daerah Pemilihan III Kecamatan Lubuklinggau Selatan 1 dan 2, berlangsung sukses. Bertempat di Halaman Kantor Kecamatan Lubuklinggau Selatan 1, Sabtu (14/3/2020). Reses dewan yang dipimpin Merismon (PKS) bersama Hambali Lukman (PDI P), Zuibar (Nasdem), Syeh Fatah (Demokrat), M Amin (Gerindra).

Masih kata Hambali, masyarakat Lubuklinggau yang memiliki BPJS-JKN tidak aktif saat berobat karena ada permasalahan alokasi anggaran akibat kenaikan BPJS. Namun setelah dibatalkan mahkamah konstitusi maka pemerintah daerah harus melanjutkan 2020. Sambil menunggu proses, sambung Ketua Fraksi PDI P DPRD Kota Lubuklinggau, masyarakat yang berobat untuk sementara ke puskesmas, rumah sakit siti aisyah dengan membawa keterangan tidak mampu.
“Masyarakat Lubuklinggau Selatan, sepakat dilanjutkan. Kalau sepakat, kami sampaikan dan perjuangkan dalam paripurna DPRD Kota Lubuklinggau,” jelasnya.

Bacaan Lainnya

Dia menambahkan, saat ini pihaknya membahas restribusi pelayanan kesehatan dengan dihadiri mitra Dinas Kesehatan, Rumah Sakit, Puskesmas, BPJS. Bahwa merujuk program Kartu Indonesia Sehat (KIS) ada 61 ribu penerima warga tidak mampu lalu 15 ribu penerima KIS dari Program Gubernur Sumsel. Sedangkan sisanya diover Kota Lubuklinggau, dengan Program UHC atau dengan kata lain, tiga program kesehatan ini hampir 95 persen terima layanan kesehatan gratis. Program UHC ini, semua warga Kota Lubuklinggau yang memiliki KTP maka dijamin kesehatannya.

“Terimakasih pak Walikota, program ini sangat bermanfaat bagi masyarakat,” ucapnya.(Agus)