Hampir Seluruh Jabatan Anggota BPD Habis Masa Jabatan

Foto : Kabid Pemerintahan Desa Kabupaten Empat Lawang, Agusman Mulyadi. 

Silampari Online

EMPAT LAWANG – Hampir seluruh jabatan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di setiap desa di Kabupaten Empat Lawang, habis masa jabatan.

Bacaan Lainnya

Kepala DPMDP3A Kabupaten Empat Lawang, Agus Rochmad Basuki melalui Kabid Pemerintahan Desa, Agusman Mulyadi mengatakan, pemilihan anggota BPD di setiap desa, dapat dilakukan kurang lebih 6 bulan sebelum masa jabatan anggota BPD habis masa jabatannya.

“Ada dua opsi bagi desa untuk menetapkan anggota BPD mereka. Pertama, pilihan secara langsung oleh masyarakat desa itu sendiri dan yang kedua, pemilihan yang dilakukakan oleh perwakilan masyarakat,” ungkap saat dibincangi Silampari Online, kemarin.

Untuk di Kabupaten Empat Lawang, sesuai dengan surat edaran bupati, opsi pertama yaitu pemilihan langsung oleh masyarakat desa diminta untuk dilaksanakan bagi desa yang jabatan anggota BPD-nya sudah habis. “Bupati minta pilihan langsung, untuk menghindari adanya anggapan bahwa anggota BPD itu, orang-orang yang terpilih itu main tunjuk. Agar tidak ada lagi kecurigaan di tengah masyarakat,” jelas Agusman.

Dikatakannya, ada beberapa desa yang sudah melakukan pemilihan langsung anggota BPD mereka. Bahkan, setidaknya ada dua desa yang sudah diajukan ke Bupati Empat Lawang, untuk di-SK-kan sebagai anggota BPD yang baru di desanya.

“Intinya, Pemkab Empat Lawang tidak ingin lagi ada anggapan anggota BPD itu main tunjuk. Karena itu harus dilaksanakan pemilihan langsung secara demokratis,” imbuhnya.

Lebih lanjut Agusman menjelaskan, untuk penentuan ketua BPD setelah proses pemilihan berlangsung dan sudah ada anggota terpilih, dapat sesuai dengan kesepakatan bersama. Misalnya, ada 6 anggota yang terpilih, setelah proses pemilihan baru ditentukan ketua atau sebaliknya siapa yang memiliiki suara terbayak dijadikan ketua.

“Semua regulasi pemilihan ketua diserahkan kepada anggota yang terpilih. Kalau mereka sepakat siapa yang jadi ketua, apakah dari perolehan suara terbanyak atau dilakukan pemiliahan ketua pasca penungutan suara, itu dikembalikan kepada kesepakatan mereka,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Mekar Jaya Kecamatan Tebing Tinggi, Adi Iskandar mengaku jika saat ini sedang dalam proses tahapan pemilihan anggota BPD yang baru di desanya.

“Ada 7 calon yang akan mengikuti pemilihan secara langsung anggota BPD dari 6 orang yang akan terpilih. Proses pemungutan suara dalam waktu dekat akan kami gelar,” ungkap Adi.

Semua proses pemilihan kata Adi, dilakukan secara demokratis. Semua warga desa juga berhak mencalonkan diri, asal memenuhi persyaratan yang sudah disepakati bersama. “Insyaallah proses pemiliahaan akan berlangsung aman dan damai,” harapnya. (HS-05)