Hanya Satu Unit Bus Untuk Mengantar Anak ke Sekolah Secara gratis

TUMPANG : Sejumlah siswi SD di Tebing Tinggi, saat menumpang bus sekolah milik Dishub Kabupaten Empat Lawang, Kamis (8/8/2019). Foto : Istimewa.

Silampari Online

Kabupaten Empat lawang, saat ini baru memiliki satu unit bus khusus untuk mengantar anak ke sekolah secara gratis. Di sekolah tersebut baru beroperasi setahun terakhir, merupakan bantuan dari Ditjen Perhubungan darat Kementerian Perhubungan. “Ya sudah Jalan hampir setahun ini, bus sekolah beroperasi di kecamatan Tebing Tinggi yang mengantar adik-adik kita baik yang masih Sekolah Dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA),” ungkap Kepala Dinas Perhubungan Empat Lawang Rapani melalui Sekertaris, M Mauluddin, saat dibincangi wartawan, Kamis (8/8/2019).

Muat Lebih

Dijelaskannya, untuk jalur atau rutenya sendiri mulai dari kantor Dishub hingga ke SMA Negeri 2 Tebing Tinggi Empat Lawang. “Kita setiap paginya sekitar pukul 6.00 WIB mulai bergerak dari kantor Dishub menuju jalan protokol untuk menghampiri anak-anak sekolah yang sudah menunggu di pinggir jalan dengan tujuan SDN 5, SDN 7, SDN 8 dan SMPN 1 terakhir di SMA N 2 Tebing Tinggi,” jelasnya.

Sekarang ini lanjut Mauluddin, Bus sekokah tersebut hanya mengantarkan saja bukan antar jemput, sedangkan untuk kecamatan lain itu pihaknya sudah mengupayakan agar bisa mendapatakan bantuan juga guna membantu mengurangi ongkos sekolah anak-anak di Empat Lawang. “Upaya kita saat ini adalah memasukkan proposal permohonan bantuan penambahan armada lagi, supaya setiap Kecamatan bisa memiliki bus sekolah kalau bisa setiap kecamatan punya minimal 2 bus, agar bisa mengurangi kemacetan serta juga membantu mengurangi beban ongkos,” katanya.

Menurut Mauluddin sejauh ini anak-anak sangat antusias menaiki Bus sekolah tersebut karena naik bus sudah pasti aman bagi anak. “Sejauh ini penuh terus bus, baik yang duduk maupun yang berdiri, siswa sangat antusias naik bus,” ucapnya. Sementara itu, Ayu salah seorang siswi di salah satu SD yang menjadi penumpang mengatakan, dirinya dan taman-temannya memang menjadi penumpang bus tersebut semenjak beroprasi di Empat Lawang dan memang gratis sehingga uang ongkos bisa di tabung. “Semenjak ada bus ini, uang ongkos kami bisa nambah dan ditabung karena setiap pergi gratis,” pungkasnya. (HS-05)