Harga Kebutuhan Pokok di Paiker Melambung

SEBERANG : Aktifitas warga pasca jembatan Musi (jembatan ponton) di Desa Padang Tepong Kecamatan Ulu Musi, ambruk. Foto diabadikan beberapa waktu lalu. (Doc/HS).

SILAMPARI ONLINE, EMPAT LAWANG – Semenjak jembatan Musi (jembatan ponton) di Desa Padang Tepong Kecamatan Ulu Musi, yang notabene-nya merupakan jembatan penghubung utama bagi masyarakat Kecamatan Pasemah Air Keruh (Paiker) ke luar kecamatan, tersapu luapan sungai Musi beberapa bulan lalu, harga kebutuhan pokok d kecamatan itu melambung tinggi.

Seperti harga Gas melon (3 Kg), biasanya dijual di kecamatan paling dalam di Kabupaten Empat Lawang itu, Rp25 ribu pertabung, sekarang menjadi Rp30 ribu pertabung.

Muat Lebih

Hal ini dirasakan Sumina, salah seorang warga Desa Air Mayan Kecamatan Paiker. Menurutnya, harga gas melon dan kebutuhan pokok lainnya mengalami kenaikan. Kenaikan itu tersebut semenjak jembatan ponton roboh.

“Semenjak jembatan ponton itu roboh jelas kami merasakan betul dampaknya seperti harga manisan (Kebutuhan pokok) mengalami kenaikan dari harga biasanya,” ujarnya, Kamis (17/10).

Memang diakui Sumina, untuk kebutuhan beras tergolong mudah didapat bahkan harganya sendiri tergolong murah karena Kecamatan Paiker tersebut merupakan sentral penghasil padi di Kabupaten Empat Lawang.

“Cuma beras itulah yang berubah harganya karena memang kita sentra padi, tapi harga lainnya diluar beras naik semua,” ungkapnya.

Akses untuk menuju Kecamatan Paiker memang bukan hanya melintasi jembatan ponton semata, ada beberapa akses lain namun akses jembatan ponton itulah merupakan akses utama baik untuk masyarakat maupun mobil pedagang yang sengaja mengantar barang ke Paiker.

“Akses utama kami lewat jembatan ponton itu, lewat jembatan Multi fungsi akses jalannya jelek,” imbuhnya.

Sementara itu, Jana warga Desa Padang Bindu juga mengeluhkan kenaikan bahan pokok seperti gas melon 3 Kg, sebab sebelumnya harga gas tersebut hanya Rp25 ribu di tingkat eceran, namun sekarang sudah Rp30 ribu. Kemungkinan, imbuh dia, di Paiker inilah harga gas melon Rp30 ribu pertabung.

“Mungkin cuma di Paiker ini harga gas paling tinggi,” ucapnya.

Dampak kenaikan harga bahan pokok lanjut Jana, sangat dirasakan betul oleh semua kalangan masyarakat terutama para ibu-ibu rumah tangga (IRT). Dirinya berharap jembatan pengganti jembatan ponton bisa dibangun segera, agar keluhan bagi (IRT) berkurang.

“Kami bisa berharap saja jembatan bisa dibangun secepatnya oleh pemerintah supaya akses bagi kami mudah,” harapnya. (HS-05)

Penulis : Fahrurozi
Editor : …
Redaktur : Agus Hubya Handoyo