Hari ini, Bupati Terima Piala Adipura

Silampari Online,
BATURAJA TIMUR – Piala Adipura kategori kota kecil tahun 2018 kembali disabet Kabupaten OKU. Penghargaan ini merupakan kali keduanya yang disabet setelah pertama kali diraih pada 2017 lalu.
Kepastian ini diperoleh melalui surat Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah,Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya Kementerian Lingkungan Hidup nomor UN.4/PSLB3/PS/PLB.0/01/2019 tanggal 8 Januari 2019.
Dari 34 Kabupaten/kota di Indonesia, kota Baturaja berada di urutan ke-13 dalam daftar penerima piala Adipura dari Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya Kementerian Lingkungan Hidup RI.
Sedangkan untuk di Sumatera Selatan, dari 17 kabupaten/kota, ada delapan kabupaten/kota yang menerima piala Adipura. Yakni Palembang, Lahat, OKU, OKI, Muba, Muara Enim, OKU Timur, dan Prabumulih.
Kepala Dinas Lingkungan Hidup OKU Drs Slamet Riyadi Msi menyebutkan, dalam lampiran surat tersebut dilampirkan daftar penerima anugerah Adipura 2018.
Menurut Slamet, piala Adipura rencananya akan terima oleh kabupaten/kota penerima hari ini di Gedung Manggala Wanabakti Jakarta. Piala tersebut dijadwalkan akan diserahkan oleh Wakil Presiden RI Jufuf Kalla. ”Insya Allah, besok (hari ini, red) Pak Bupati (H Kuryana Azis, red) yang akan menerima langsung penghargaan Adipura,” kata Slamet.
Bupati OKU H Kuryana Azis juga mengakui dirinya diundang ke Jakarta untuk menerima penghargaan Adipura dari Wakil Presiden RI. Piala Adipura untuk kategori kota kecil yang akan diterima hari ini merupakan yang keduanya kalinya.
Penghargaan ini, kata Kuryana, merupakan buah kerja keras dari semua pihak. Oleh karena itu, dia mengucapkan terima kasih kepada petugas kebersihan, DPRD, OPD, perusahaan, dan masyarakat yang mewujudkan kota Baturaja bersih bersama Pemerintah Kabupaten OKU.
“Penghargaan piala Adipura kedua yang kita raih ini dapat menjadi motivasi masyarakat untuk terus menjaga kebersihan. Apalagi, tidak mudah untuk meraihnya,” ucapnya.
Wewen, warga Baturaja mengaku turut bangga dengan Piala Adipura yang kedua ini. Namun, ia berharap, pengharagaan ini bukan hanya menjadi simbol semata. ”Semoga kebersihan dan kenyaman di kota Baturaja tetap terjaga dan ditingkatkan lagi,” tegasnya. (din)