oleh

Hasil Job Fit Masih Diproses

Silampari Online 

MUSI RAWAS- Uji Kompetensi dan Uji Kesesuaian (Job Fit) bagi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas (Mura), selesai digelar Jum’at (30/4/2021).

Dari 33 pejabat Mura, dua orang tidak hadir, yakni Sekda Kabupaten Mura, EC Priskodesi dan Kadis Pekerjaan Umum Cipta Karya Tata Ruang dan Pengairan (PUCKTRP) Mura, H Ristanto Wahyudi.

Seperti apa hasilnya? Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Mura, David Pulung mengatakan hasil Job Fit belum ada, karena masih panitia pelaksana.

“Tapi harus dipahami Job Fit bukanlah hal yang aneh. Jadi jangan berpikir negatif,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (3/4/2021).

Dikatakannya, uji kompetensi dan uji kesesuaian ini bukan berarti akan mengatakan suatu pejabat layak atau tidak layak lagi. Tapi sebagai bahan evaluasi dan menambah kemampuan atau kompetensi.

“Jadi dari hasil Job Fot nanti akan menjadi acuan pimpinan untuk menempatkan seseorang di suatu jabatan. Baik di jabatan baru maupun di jabatan lama,”terangnya.

Menurutnya, ada beberapa alasan kenapa Job Fit ini dilakukan. Diantaranya untuk melihat kesedian pejabat itu sendiri, dalam menempati posisinya. Kemudian memang suatu pejabat tidak bisa terlalu lama dalam menempati jabatan.

“Dimana-mana begitu, suatu jabatan di OPD itu paling lama 5 tahun,”akunya.

Selain itu, seorang pejabat setiap menjabat suatu organisasi perangkat daerah, pasti ada target kinerja. Tercapai dan tidaknya target  tentu perlu dilakukan evaluasi. Kemudian, saat ini di lingkungan Pemkab Mura, setidaknya ada sembilan jabatan diisi pelaksana tugas (Plt).

“Setelah Job Fit selesai, dan jabatan masih ada yang kosong, maka akan dilaksanakan lelang jabatan,”pungkasnya. (Sumeks.co)