oleh

Hasil Perhitungan Suara Draw, Ngestikarya Akan Gelar Pilkades Ulang

Silampari Online 

MUSI RAWAS- Lantaran  terjadi draw atau perolehan suara sah yang sama, bahkan setelah dihitung ulang juga tetap draw, maka Desa Ngestikarya Kecamatan Jayaloka akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) ulang. Dimana,  pelaksanaannya djadwalkan pada 28 April.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Musi Rawas (Mura), Ahmadi Zulkarnain melalui Sekretaris, Alexander Zulkarnain mengatakan, pelaksanaan Pilkades ulang bukan karena ricuh tapi karena perolehan suara yang sama, yang diatur dalam Peraturan Bupati (Perbup).

“Sesuai dengan Perbup nomor 4 tahun 2021, jika perolehan siuara draw atau sama dalam Pilkades, maka dilaksanakan Pilkades
ulang. Jadi, Pilkades ulang bukan berarti karena ricuh,”kata Alex sapaan akrabnya.

Dikatakannya, untuk waktu kapan akan dilaksanakannya, pihaknya masih mendiskusikannya dengan pihak calon, Ketua BPD, Ketua Panitia dan Pokja Kecamatan. Tinggal menunggu penetapan dan kesiapan baik dari panitia Desa, maupun Pokja Kecamatan.

“Kami saranakan minggu depan, kalau tidak Senin, Selasa, Rabu atau Kamis. Kalaupun mau minggu depannya lagi, tidak apa-apa.
Kalau pastinya belum tahu,”terangnya.

Kemudian, terkait dengan pembiayaan, pada idealnya pelaksanaan Pilkades dibiayai melalui APBD Kabupaten Mura. Namun untuk Pilkades ulang di Ngestikarya, pihaknya menyarankan agar melakukan musyawarah dengan pihak Kecamatan.

“Alhamdulillah karena bulan Puasa, jadi biayanya tidak besar, karena makan juga tidak, honorer juga panitia dibayar perbulan. Jadi mau berapa kali Pilkades tidak masalah. InsyaAllah tidak ada kendala, dan kita pakai dana talangan. Jika memungkin bisa ditambah pada perubahan, kita minta persetujuan dulu,”paparnya.

Kemudian terkait dengan pengadaan surat suara masih katanya, sesuai dengan Permendagri dan Perda yang berlaku, bahwa pada Pilkades ini Pokja Kabupaten memfasilitasi cetak suara dan panitia Desa langsung ke rekanan.

“Tapi, khusus untuk Desa Ngestikarya, karena dananya tidak ada, akan dibantu oleh DPMD untuk surat suaranya, tapi hanya print sajam,”ungkapnya.

Sementara itu, Camat Jayaloka, Rizal Arika melalui Sekretaris, Rianadi menjelaskan, dalam penghitungan surat suara di Desa Ngestikarya masih terjadi draw, hanya saja suaranya berkurang dari 141 menjadi 140 suara. Pilkades di Desa Ngestikarya sendiri diikuti oleh dua calon, yakni calon nomor urut 1 atas nama Japribudin dan calon nomor urut 2 atas nama Arpa.

“Dengan draw ini, Ngestikarya akan melakukan
Pilkades ulang, ditahapan pemungutan dan perhitungan suara. Panitia menyebar undangan dulu. Sedangkan untuk pelaksanaanya masih
<span;>menunggu petunjuk dari pihak Kabupaten Mura,”tutur Camat.

Hanya saja sambung ia, pihaknya mengusulkan agar Pilkades ulang di Desa Ngestikarya dilakukan pada 28 April mendatang. Karena, jika dilaksanakan dalam waktu dekat dikhawatirkan terjadi hal yang tidak diinginkan.

“Kita usulkan pada 28 April mendatang,”pungkasnya. (Kris)