Herman Deru : Jika Bandara Gatot Subroto Jadi Komersil, yang Menikmatinya Orang Sumsel

Silampari Online,
 
BANDAR LAMPUNG- Gubernur Sumatera Selatan H  Herman Deru  mengakui, Sumatera Salatan sangat diuntungkan jika Bandara Gatot Subroto Way Tuba Provinsi Lampung difungsikan sebagai  bandara komersil. Hal tersebut diungkapkanya ketika melakukan lawatan di Badarlampung, Sabtu (26/1).
“Kenapa Sumsel begitu kencang, mendesak agar bandara ini segera dioperasikan. Karena yang bakal menikmatinya orang Sumsel.  Berhubung yang paling dekat dengan bandara ini tiga OKU, yakni OKU Timur, OKU Selatan, OKU Induk serta OKI. Karena itu saya sebagai Gubernur sangat berharap ini segera dioperasionalkan,” tegasnya.
Dikatakan, progres rencana penggunaan bandara Gatot Subroto sebagai bandara komersial. Belum lama ini telah dibahas  di Jakarta dengan melibatkan Kementerian Perhubungan, Mabes TNI AD, serta  Pemda Way Kanan, Pemerintah provinsi Lampung dan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan.
Dalam rapat tersebut  lanjut Herman Deru, dilakukan paparan  sejumlah pembangunan dikawasan bandara, diantaranya   yang perlu dilakukan yakni perbaikan pada bagianrunway, apron dan perbaikan terminal penumpang. Serta rencana pengembangan kawasan sekitar bandara ini dimasa yang  akan datang.
“ Ya, kemarin hasil rapat dengan angkatan darat, kementerian perhubungan, TNI Khususnya KASAD. Sepakat untuk mengoperasikan Bandara Gatot Subroto itu menjadi fungsi komerisilnya akan dilaksanakan pada Maret 2019. Jadi Insya Allah bulan maret nanti sudah operasional,” tegasnya.
Dikatakan, kenapa harus bulan maret, dikarenakan ada sejumlah  fasilitas yang harus dilakukan perbaikan serta  memodifikasi  terhadap ruang tunggu  penumpang dan bagian terminal. Dimana sebelumnya  digunakan untuk militer diubah menjadi ruang tunggu nuansa sipil. Disamping itu lanjut dia  ada juga perbaikan pada bagian landasan runway agar lebih mulus lagi.
“Tandinya ruang tunggu untuk militer jadi ruang tunggu nuasa sipil. Dan kebanyakan yang akan mengunakan itu nantinya penumpang sipil,” tandasnya.
Dilain pihak Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumsel, H Nelson Firdaus yang ikut hadir mewakili Gubernur Sumsel  H Herman Deru dalam rapat dengan KASAD dan Kementerian Perhubungan membahas progress Lanut Gatot Subroto tersebut, sempat menegaskan, Pemerintah provinsi Sumsel sangat mendukung penuh Lapangan Undara Angkatan Darat (Lanudad) Gatot Subroto Way Kanan Lampung  dibuka  untuk penerbangan komersil.

Mengingat Kabupaten sekitarnya baik di Provinsi Lampung maupun Sumsel  akan mendapatkan dampak positif jika Lanudad ini dibuka untuk penerbangan sipil.

Muat Lebih

 “Pada intinya Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan sangat mendukung dan akan diuntungkan jika Lanudad ini di buka untuk penerbangan umum. Mengingat letaknya cukup dekat dengan Kabupaten OKU, OKU Timur dab OKU Selatan,” jelasnya. (Rilis)