Hujan Deras Jalan Sudirman Retak

Silampari Online

REJANG LEBONG – Hujan deras mengguyur kawasan perkotaa Curup sejak Rabu malam (20/11) sekitar pukul 21.30 WIB membuat Jalan Jenderal Sudirman di Kelurahan Air Putih Lama, Kecamatan Curup atau sebelum Jembatan Air Merah di bagian ruas jalan dari arap Curup menuju Bengkulu mengalami retak.
Malah badan jalan sebagian mengalami ambles hingga sekitar 10 centimeter (Cm), dan sebagian lainnya kenaikan sekitar 20 Cm dengan panjang permukaan jalan tidak rata baik ambles, dan naik ini ada sekitar 25 meter.
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rejang Lebong, Basuki meninjau langsung kondisi jalan tersebut, Kamis (21/11) mengatakan diduga naik dan turunnya permukaan jalan ini karena air sumbatan didalam gorong-gorong di bawah jalan.
“Kemungkinan besar sampah didalam drainase menyumbat. Sehingga air di dalam drainase mendorong aspal diatasnya, dan terjadi retak sepanjang 5 meteran dan terangkat ke permukaan ” ungkap Basuki
Pantauan Harian Silampari, sementara waktu ruas jalan dua jalur ini ditutup 1 ruas. Mulai dari bundaran Sukowati hingga sesudah jempatan Air Merah dialihkan ke Jalan Sapta Marga.
“Kondisi ini setelah peninjauan BPBD serta Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Rejang Lebong, langsung memberikan laporan lisan serta tulisan ke Provinsi Bengkulu. Karena memang jalan negara ini kewenangan Provinsi Bengkulu,” jelas Basuki.
Sementara itu, Kapolres Rejang Lebong AKBP Jeki Rahmat Mustika, SIK juga meninjau langsung jalan didampingi Kabag Ops AKP Margopo. Menurut Kapolres diduga jalan ini amblas dan terangkat karena kuatnya dorongan air yang tersumbat sampah dibawah jalan. Oleh karena itu sementara ini ruas jalan ini ditutup untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
“Saya harapkan tidak ada yang menerobos karena itu berbahaya. Hari ini (kemarin red) dengan BPBD kami akan koordinasi dengan Dinas PUPR Rejang Lebong Biar nanti di cek kondisinya dan dilakukan perbaikan, karena diduga ini akibat sampah didalam gorong-gorong dibawah jalan ini,” ungkap Kapolres.
Hingga kemarin ruas jalan dari arah Curup menuju Bengkulu di jalan Jenderal Soedirman masih ditutup. Pengendara dialihkan ke jalan Sapta Marga. Sedangkan yang dari arah Bengkulu menuju Curup masih bisa dilewati, kecuali untuk kendaraan bertonase besar.
“Kita akan menempatkan personil lantas dan pihak BPBD nantinya akan membuat papan pengumuman jalan tidak bisa dilewati. Jika dilewati kendaraan dikhawatirkan akan menambah rusak ruas jalan dan bisa saja terjadi kecelakaan,” ucap Kapolres.(HS-06)