oleh

IBI Mura Komitmen Wujudkan Masyarakat Sehat

-Tak Berkategori-434 Dibaca

Silampari Online,

#Gedung Sekretariat IBI Mura Diresmikan

IKATAN Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Musi Rawas (Mura) menggelar acara Peresmian Gedung Sekretariat di Kompleks Perkantoran Agropolitan Center (AC) Muara Beliti. Sehingga, diharapkan dengan adanya fasilitas ini disamping untuk meningkatkan kinerja antar anggota organisasi dengan tujuan akhir mewujudkan masyarakat yang sehat.
Pantauan koran ini dilapangan, acara yang dihadiri sejumlah Kepala OPD, Kepala UPT Puskesmas dan 19 perwakilan ranting IBI Se-Kabupaten Mura diawali dengan pemotongan pita dan dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Sekretaris Dinkes M Nizar, serta pelepasan balon terbang.
Sambutan Bupati Kabupaten Musi Rawas (Mura), H Hendra Gunawan melalui Sekretaris Dinkes Mura M Nizar mengatakan, bidan merupakan salah satu profesi mulia. Sehingga, dengan adanya fasilitas sekretariat sangat diapresiasi untuk menunjang peningkatan kerja kedepan. “Adanya gedung sekretariat IBI ini tentunya dapat dipergunakan untuk menunjang kegiatan bidan. Terutama mengenai penyusunan program kerja para bidan yang ada,”jelas Nizar, Rabu (21/3).
Lebih lanjut dirinya menjelaskan, para bidan dapat turun untuk mengawal implementasi standar profesi dan menjamin bahwa bidan berkompeten dalam memberikan pelayanan kebidanan bagi masyarakat sesuai dengan kode etik.
“Diharapkan para bidang yang tersebar di 14 Kecamatan dapat memberikan pelayanan prima kepada ibu hamil, ibu bersalin, ibu nifas, balita remaja serta kesehatan reproduksi sesuai tugas profesinya,”terangnya.
Sementara itu, Ketua IBI Kabupaten Mura Hj Suwarti, melalui Ketua I Emilia menjelaskan, diresmikannya gedung sekretariat tersebut digunakan sebagai pusat perencanaan, pematangan, dan evaluasi kegiatan serta sebagai tempat untuk merumuskan langkah langkah strategis, sistematis, konprehensif dari pelaksanaan program kerja yang telah disusun.
“Fasilitas gedung sekretariat ini untuk memaksimalkan pelaksanaan program pembangunan kesehatan ibu dan anak di lingkungan Kabupaten Mura oleh IBI kedepan,”papar Emilia.
Kemudian, untuk jumlah bidan yang ada saat ini tercatat kurang lebih sebanyak 529 bidan  terdiri dari  234 PNS dan 284 Tenaga Kerja Sukarela (TKS). Sehingga, sebagai mitra pemerintah maka setiap program yang berkaitan dengan tugas IBI siap direalisasikan untuk kesehatan masyarakat.
“IBI memiliki peran penting dalam mendukung pemerintah meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Termasuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi,”ungkapnya.
Selain itu, setidaknya tahun lalu pihaknya telah menggelar dua kali seminar dengan tema peningkatan kompetensi bidan dalam pelayanan kepada ibu dan anak serta pelatihan MU bagi bidan yang sudah hampir habis surat tanda registrasi bidan. Termasuk, pemeriksaan IVA serentak di seluruh Indonesia yang dilakukan oleh anggota IBI disetiap ranting dan mendapatkan rekor MURI.
“IBI Mura juga sudah melakukan pembinaan ke 19 ranting IBI di Mura, mengadakan penyuluhan kesehatan reproduksi pada remaja yang dipusatkan di SMAN 2 Muara Beliti, MAN Al Muhajirin Tugumulyo, SMAN Muara Kelingi dan SMAN Muara Lakitan. Termasuk Bhakti Sosial IBI ke panti jompo di Mataram Kecamatan Tugumulyo, pelayanan KB, pemasangan implant, pemeriksaan IVA dan pengobatan gratis di seluruh ranting melakukan word shope Ante Natal Care (ANC) berkualitas,”pungkasnya. (HS-02)

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
Harian Silampari merupakan nama daerah di Bumi Silampari yang memiliki tiga wilayah satu kota dan dua kabupaten di provinsi Sumsel