Imlek 2568 Kokohkan Rasa Persatuan Dalam Kebhinekaan

Tradisi pembersihan Rupang, prosesi menjelang perayaan tahun baru imlek di Klenteng Wie Teng Bio, Rabu (14/2)

Silampari Online,

MUSI RAWAS-  Jumat (16/2), masyarakat Keturunan Tionghoa merayakan tahun baru Imlek ke 2568. Khususnya di Musi Rawas, Linggau dan Muratara dapat hidup berdampingan dengan suku etnis lainnya. Itu merupakan gambaran kokohnya rasa kebersamaan dalam kehidupan multikultural. Sehingga, kedepan masyarakat dapat saling menghormati dan menerima perbedaan yang ada.

Muat Lebih

Bupati Musi Rawas (Mura), H.Hendra Gunawan mengatakan, bahwa Indonesia Bhineka tunggal ika dan moment ini untuk memperkuat kesatuan persatuan. Sebab, negara ini penuh dengan perbedaan namun dengan perbedaan tersebut dapat menguatkan bangsa.

“Kalau ada saudara kita yang merayakan kita turut berbahagia dan mengucapkan perayaan imlek tersebut,”jelas H.Hendra Gunawan saat diwawancarai Harian Silampari, Rabu (14/2).

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, bahwa toleransi di Mura termasuk di Sumsel dibawah kepempinan Gubernur Sumsel H.Alex Nurdin diamanahkan kondisi kehidupan umat beragama dapat berjalan secara baik dan tidak ada konflik satu sama lain.

Seluruh warga Tionghoa untuk dapat hidup berdampingan dengan suku dan etnis lainnya serta berperan aktif dalam keberhasilan program pemerintah melalui berbagai aktifitasnya guna mendorong pertumbuhan ekonomi daerah, penciptaan lapangan kerja. “Pengentasan kemiskinan dalam mengeluarkan predikat Mura sebagai Kabupaten tertinggal,”terangnya. Selain itu, dirinya juga menyampaikan ucapan Selamat Tahun Baru Imlek 2568 kepada masyarakat yang merayakannya. Sehingga, kebersamaan antar etnis telah menjadi kesadaran bersama untuk saling menghormati dan menerima perbedaan yang ada.  “Melalui Imlek, kita kokohkan rasa persatuan dalam keberagaman agama, suku etnis dan budaya guna mewujudkan Mura Sempurna,”ungkapnya.
Kemudian, perayaan imlek ini mengangkat satu kebersamaan dalam kebhinekaan untuk menjadi satu kesatuan yang kokoh. Sehingga, dengan adanya perayaan ini dapat semakin mempererat hubungan kerukunan antar umat beragama agar kedepannya semakin lebih baik.
Apalagi, ditahun ini merupakan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) disejumlah daerah termasuk Pemilihan Gubernur (Pilgub). “Kita harapkan momentum perayaan imlek tahun ini dan sekaligus dilaksanakannya Pilkada dapat berjalan dengan lancar dan aman serta melahirkan pemimpin lebih baik dari sebelumnya,”pungkasnya. (HS-02)