oleh

Infrastruktur Mendominasi Usulan Musrenbang Kecamatan Muara Kelingi

Silampari Online 

MUSI RAWAS- Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan sangat penting dan strategis dalam rangka mencari masukan guna penyusunan perencanaan pembangunan Tahun Anggaran 2022 untuk mencapai visi, misi serta tujuan dan sasaran program yang ditetapkan dalam RPJMD Kota Kabupaten Musi Rawas.

Bertempat di gedung serbaguna Kecamatan Muara Kelingi, kegiatan Musyawarah Pembangunan Tingkat Kecamatan Muara Kelingi tahun 2021 secara resmi di buka oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Mura Rabu (10/3/2021).

Camat Muara Kelingi Kabupaten Musi Rawas (Mura), Pirdaus mengatakan setidaknya ada 230 usulan yang di sampaikan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mura.

Dikatakannya yang paling menjadi prioritas di Kecamatan Muara Kelingi adalah persoalan Insfratruktur. Diantaranya peningkatan jalan kelingi 4b menuju Kecamatan Megang Sakti, Peningkatan Jalan Simpang Gajah Desa Beliti jaya Desa lubuk tua,Peningkatan Jalan Simpang Jatun menuju Desa Karya Mukti dan Desa Petrans Jaya,Pembukaan jalan Desa lubuk Tua Tugu Sempurna, Peningkatan jalan Megang sakti Desa Tugu sempurna Peningkatan Jalan Desa Lubuk Muda Rantau Kasih Peningkatan Jalan Desa Tugu sempurna Desa karya sakti, Rehab Jembatan sungai mambang.

Kawasan 4D peningkatan jalan Desa karya teladan, Desa Temuan Jaya, Desa Temuan Sari, Desa Mekarsari sampai SP1 Sembatu Jaya, Kawasan Kelingi 4C Peningkatan jalan simpang tanjung, Rehab jembatan Desa tanjung, Rehab Jembatan pwnghubung Desa suka menang Desa Tanjung Desa Binjai.

Kemudian, bidang pemberdayaan ekonomi kreatif yakni bantuan bibit sawit cokelat dan karet, ternak sapi, budidaya perikanan kolam terpal. Sedangkan, bidang sosial budaya bantuan alat tradisional kesenian hadroh, kuda Lampung, mobil ambulance Desa serta bantuan KWH

“Seluruh usulan tersebut sudah disampaikan kepada OPD dan kami berharap mendapatkan dukungan serta dapat  terealisasi,”ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Mura, Hj Ratna Machmud yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, H. Heriyanto menjelaskan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) di Kecamatan merupakan bentuk nyata pendakatan partisipatif sebagai salah satu syarat mutlak pendekatan perencanaan pembangunan. Dimana, sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 bahwa perencaaan pembangunan harus mengoptimalkan pendekatan partisipatif masyarakat. Sehingga perencanaan yang disusun mencerminkan kondisi riil yang ada di masyarakat.

Menurutnya, Musrenbang Kecamatan adalah forum musyawarah yang dilakukan oleh stakeholders (pemangku kepentingan) Kecamatan untuk mendapatkan masukan prioritas kegiatan dari Desa/Kelurahan serta menyepakati kegiatan lintas Desa/Kelurahan di Kecamatan tersebut sebagai dasar penyusunan Rencana Kerja SKPD Kabupaten pada tahun 2022. Sehingga akan terjadi singkronisasi program agenda Kecamatan yang dapat mendukung implementasi program komitmen bersama mewujudkan Musi Rawas maju mandiri bermartabat (Mantab).

Sedangkan, Anggota DPRD Kabupaten Mura, Alamsyah A Manan mengatakan Musrenbang sebagai rutinitas tahunan merupakan sarana penyusunan perencanaaan program yang akan dilaksanakan oleh Pemkab yang di laksanakan tahun 2022. Untuk itu program yang disampaikan jangan terlalu muluk-muluk namun tetap fokus terhadap skala prioritas.

“Hasil yang di sampaikan melalui Musrenbang hendaknya dapat direalisasikan terutama insfratruktur betul betul menjadi prioritas sesuai dengan visi misi Bupati jalan mulus dalam satu periode,”pungkasnya. (Musyanto)