Ini Syarat Pembuatan Kartu Identitas Anak

SILAMPARI ONLINE

EMPAT LAWANG – Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Empat Lawang telah mengeluarkan Kartu Ide ntitas Anak (KIA).

Muat Lebih

Hal itu dikatakan Kepala Disdukcapil Kabupaten Empat Lawang, Peterson Okki Bial.

Dia mengatakan, tujuan pembuatan KIA bagi seorang anak, tak lain supaya mengetahui Identitas anak yang dapat di gunakan untuk kepentingan anak itu sendiri. “Misalnya pembelian Tiket Kereta Api biasanya pakai Kartu Keluarga (KK) tapi kalau sudah ada KIA bisa digunakan,” jelasnya. 

Diapun memaparkan, syarat pembuatan KIA ada empat macam, yakni pas foto 3×4 dengan background sesuai tahun kelahiran, foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) orang tua, kartu keluarga (KK) dan mengisi formulir permohonan yang telah disiapkan oleh Disdukcapil. “Untuk pembuatan KIA prosesnya kalau tidak ada kendala satu hari selesai,” ujarnya.

Masih dikatakan Okki, pihaknya sudah mensosialisasikan hal tersebut secara lisan ke sepuluh kecamatan yang ada di Kabupaten Empat Lawang. “Kita sudah mensosialisasikan secara lisan kepada camat, kepala sekolah dan kepada kades. Jadi, kalau kita datang mereka sudah mempersiapkan semuannya dan sudah mengetahuinya,” tukasnya. (HS-05)