Ini Trik KWT Makmur Agar Tanaman Pekarangan Tetap Subur dan Hijau

SILAMPARI ONLINE

MUSIRAWAS – Meski tanah tergolong kurang mengandung unsur hara dan musim kemarau panjang, namun jika kita melihat perkarangan warga Desa Petrans Jaya Kecamatan Muara Kelingi akan dijumpai tanaman berupa sayur mayur dan tanaman obat keluarga (toga) tetap hijau dan subur.

Muat Lebih

Kelompok Wanita Tani (KWT) Makmur Desa Petrans Jaya memiliki trik tersendiri bagaimana tanaman dan toga di pekarangan rumah dapat tetap subur dan memenuhi kebutuhan keluarga.

Ketua TP PKK Desa Petrans Jaya, Nurlela mengungkapkan ada beberapa trik yang KWT lakukan diantaranya menambah unsur hara dengan pupuk organik yakni Bokasi, membersihkan tanaman dari gulma penggangu, melakukan penyiraman air secara rutin setiap pagi dan sore.

Diketahui Bokasi merupakan sejenis pupuk organik yang dibuat dari bahan organik yang sangat bermafaat sekali untuk mengembalikan unsur hara dalam tanah agar pertumbuhan tanaman menjadi subur.

Dikatakan Nurlela, Bokasi ini dibuat sendiri oleh KWT  telah mengikuti Bimbingan Teknis Pembuatan Pupuk Bokasi  yang dibimbing oleh Pengamat Hama Tanaman (PHT) Kecamatan Muara Kelingi, Jami’an, SP yang diduking oleh KUPT Pertanian Kecamatan Muara kelingi.

“Dengan bimtek ini, KWT telah mampu mengatasi permasalahan kurang subur pada tanama Toga, Hatinya PKK dan tanaman lainya bagi warga masyarakat desa Petrans Jaya khususnya Kelompok Wanita Tani Makmur Desa Petrans jaya.”papar Nurlela istri Kepala Desa Petrans Jaya, Maulana Malik Sofyana ini.

Selain itu, dengan membuat dan menggunakan pupuk organik bokasi ini diharapkan mampu meminimalisir penggunaan pupuk kimia dan mengurangi pengeluaran perawatan tanaman sehingga meningkatkan hasil tanaman toga yang ditanam disetiap pekarangan warga.

“Sesuai dengan anjuran dari Ibu Ketua TP PKK Musi Rawas Bunda Novi, kita selalu diarahkan untuk memanfaatkan lahan perkarangan dengan menanam tanaman yang bermanfaat dan dapat membantu perekonomian keluarga. Dan ini kami telah lakukan karena kami sudah merasakan manfaatnya.”papar Nurlela.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Musi Rawas Ir Hayatun Nofrida, MP mengungkapkan kekagumannya melihat tanaman pekarangan seperti sayur mayur masih hijau dan subur meski saat ini musim kemarau.

“Sudah sangat bagus, dilihat dari setiap pekarangan  warga sudah terlihat ada tanaman sayur lengkap. Saya tidak mengira dimusim kemarau seperti ini masih ada tanaman sayuran yang tumbuh subur didepan rumah. ini sangat luar biasa.”ungkap Hayatun didampingi pengurus TP PKK Musi Rawas saat mengunjungi Desa Petrans Jaya, Jum’at (06/09/2019) untuk melihat persiapan desa dalam mengikuti lomba hatinya PKK tingkat provisi Sumatera Selatan.

Diketahui, Desa Petrans Jaya mewakili Kabupaten Musi Rawas mengikuti lomba Hatinya PKK tingkat Provinsi Sumsel.

“Kita membawa nama baik Musi Rawas, ya harus terbaiklah, biar Musi Rawas makin Sempurna. Kita targetkan untuk Lommba Hatinya PKK Juara 1 Tingkat Provinsi Sumsel sehingga Desa ini dapat Go Nasional,” pungkas Nurlela.

Mengikuti lomba kegiatan PKK ini bukan yang pertama bagi PKK Desa Petrans Jaya, sudah berkali-kali mengikuti lomba PKK baik tingkat Kabupaten maupun tingkat Provinsi dan alhamdulillah Petrans Jaya selalu Juara.

Tim Penggerak PKK Kabupaten Musi Rawas bersama dinas terkait berkunjung ke Desa Petrans Jaya guna memberikan binaan menghadapi lomba Hatinya PKK Desa Petrans Jaya tingkat Provinsi Sumatera Selatan. Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pegawai Dinas Perikanan, Pegawai Dinas Pertanian, Dinas Lingkungan Hidup, dan juga Ibu Camat Muara Kelingi. (*)