Inspektorat Provinsi Sumsel Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan di Kabupaten Mura

Evaluasi Tim Inspektorat Provinsi Sumsel sedang mengevaluasi penyelenggaraan Pemerintahan Mura di Bagian Tapem Setda Mura (Foto Rabu 14-8-2019)

SILAMPARI ONLINE

MUSI RAWAS– Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Kabupaten Musi Rawas (Mura) sedang dievaluasi atau dinilai oleh Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Inspektorat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Namun, selama dua tahun terakhir penyelenggaraan pemerintahan mengalami penurunan.

Muat Lebih

Hal ini disampaikan, Kepala Bagian (Kabag) Tata Pemerintahan (Tapem) Setda Kabupaten Mura, Risman Sudarisman saat diwawancarai Harian Silampari, Rabu (14/8) di ruang kerjanya.

Dijelaskannya, bahwa sejak tiga hari terakhir Inspektorat Provinsi Sumsel sedang mengevaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah Mura. Dimana, untuk indikator evaluasi meliputi berbagai hal mulai dari pelayanan publik, sertifikasi tanah, penggunaan lahan maupun lain sebagainya. “Banyak indikator yang dievaluasi yang kesemuanya merupakan capaian Pemerintah Daerah (Pemda) Mura,” jelasnya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, bahwa dalam dua tahun terakhir capaian penyelenggaraan pemerintahan daerah Mura mengalami penurunan. Dimana, tahun 2017 nilai penyelenggaraan pemerintah Mura mendapatkan nilai sangat tinggi yakni peringkat pertama dan tahun 2018 turun peringkat kedua.

“Untuk tahun ini kita targetkan nilai penyelenggaraan pemerintahan Mura bisa mengalami peningkatan,”terangnya. Menurutnya, bilamana penyelenggaraan pemerintahan Mura dinilai baik serta mendapatkan peringkat. Maka, nantinya akan mendapatkan reward dari Kemendagri.

“Semakin tinggi nilainya maka penyelenggaraan penilaian dinilai semakin bagus sebagai tanggung jawab terhadap Kemendagri,”bebernya. Terlepas dari itu, Pemkab Mura telah berupaya untuk agar penyelenggaraan pemerintahan terus mengalami perbaikan dan peningkatan melalui terobosan serta inovasi yang ada. “Intinya untuk evaluasi ini berlangsung hingga lusa (besok). Sedangkan, kalau untuk hasilnya akan keluar pada Maret tahun 2020 mendatang,” pungkasnya. (HS-03)