oleh

Inspektur Mura Ikut Rapat Koordinasi Pengawasan Intern Keuangan Dan Pembangunan Tingkat Provinsi Sumsel

Silampari Online,

Palembang- Selasa, ( 6/4/21) Bertempat di Hotel Aryaduta Palembang Provinsi Sumatera Selatan ( Sumsel ), Inspektur Kabupaten Musi Rawas Alexander Akbar SE.ME, Mewakili Bupati kabupaten Musi Rawas Hj Ratna Machmud, menghadiri acara Rapat Koordinasi Pengawasan Intern Keuangan dan Pembangunan Tingkat Propinsi Sumatera Selatan tahun 2021, dengan tema ” Kegiatan Pembangunan Sumatera Selatan Berbasis Ekonomi Kerakyatan Menuju Lumbung Pangan Nasional “.

Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Perekonomian Dan Kemaritiman Salamat Simanullang dalam sambutannya mengatakan, Peran APIP ada Enam yakni,
Pertama, Memastikan Perencanaan telah selaras dan didukung dengan program kegiatan dan indikator yang tepat. Kedua, Memastikan risiko terkait telah diidentifikasi dan dikendalikan dengan memadai. Ketiga, Memastikan PBJ telah sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Keempat, Memastikan penyaluran benih dan pupuk telah tepat sasaran. Kelima, Memastika program kegiatan dapat/telah dimanfaatkan. Dan terakhir ke Enam yakni, Memastikan tujuan/outcome yang diharapkan telah tercapai,” ungkap Salamat.

Perwakilan dari pihak KPK Deputi Korsupgah Wilayah II Yudiawan Wibisino dalam sambutannya mengatakan,
Integritas dan kejujuran adalah kunci dari keberhasilan, Komitmen Visi dan Misi Organisasi.

” Pengawasan yang dilakukan APIP yakni bekerjasama dengan pihak kepolisian dan kejaksaan,” ujar Yudiawan Wibisono.

Sementara itu Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru dalam sambutannya mengatakan, Pembangunan bidang perekonomian tidak bisa dilaksanakan hanya satu instansi saja.

” kita harus berani mempunyai inovasi untuk kemajuan,ucap Gubernur.

Pada kesempatan tersebut diadakan juga diskusi panel dengan 3 orang narasumber yaitu,
1. Yudiawan Wibisono dari KPK Deputi Korsupgah Wilayah II ( memapakan tentang peran KPK dalam penjegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi)
2. Bambang Pramono Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Selatan ( memaparkan tentang Kebijakan Peningkatan Produksi dan Pengembangan Distribusi Pangan dan Holtikultura)
3. Tri Handoyo Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Selatan (memaparkan tentang Pengawasan dan Penguatan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Pemerintah Daerah melalui Penerapan Manajemen Risiko Bidang Pertanian dalam mewujudkan Sumatera Selatan sebagai Lumbung Pangan Nasional)

Kegiatan Rapat Koordinasi Pengawasan Intern Keuangan dan Pembangunan Tingkat Propinsi Sumatera Selatan tahun 2021 tersebut diakhiri dengan Penandatangan Kesepakatan Bersama atas Hasil dan Tindak Lanjut Rakorwasinkeubang oleh Inspektur Se Provinsi Sumatera Selatan.

Dalam acara tersebut hadir Kepala Dinas Petanian dan Peternakan Zuhri Syawal, Kepala Dinas PU.CKTR-P H. Ristanto Wahyudi, Sekretaris Bappeda Fethbon, serta Inspektur Pembantu Pengawasan Bidang Perekonomian. ( agus/Rill )