Insting Tajam Kapolsek Selatan Gagalkan Pencurian

Silampari Online, 

LUBUKLINGGAU – Insting Tajam Kapolsek Lubuklinggau Selatan Iptu Afrinaldi berhasil menggagalkan aksi pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) di Kota Lubuklinggau, Kamis (25/1) . Tersangka berhasil ditangkap atas nama Zari Novri (26), warga Jalan  Kemuning, Kelurahan Puncak Kemuning, Kecamatan Lubuklinggau Utara II. Sedangkan rekannya inisial F berhasil melarikan diri dan masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

Muat Lebih

Penangkapan terhadap tersangka langsung dilakukan Kapolsek Lubuklinggau Selatan, Iptu Afrinaldi, Kamis (25/1) sekitar pukul 11.00 WIB di Jalan Yos Sudarso, Simpang Jalan Padat Karya, Kelurahan Tanah Periuk, Kecamatan Lubuklinggau Selatan II. Tersangka Zari terpaksa dilumpuhkan dengan tembakan pada kaki kanannya karena berusaha melarikan diri.

Saat melintas di tempat kejadian perkara (TKP), Kapolsek melihat dua orang pria pakai motor Honda Supra X warna hitam dengan gerak-gerik mencurigakan sedang mendekati sepeda motor Honda Beat warna putih-biru terparkir di depan Toko Arien yang menjual peralatan sepeda motor.

“Saya dalam perjalanan untuk ke Polsek Lubuklinggau Selatan pakai motor melihat gelagat orang mencurigakan. Saya berhenti dan melakukan pemeriksaan,”  cerita Kapolsek Lubuklinggau Selatan, Iptu Afrinaldi seizin Kapolres Lubuklinggau, AKBP Sunandar.

Pada saat memeriksa penumpang sepeda motor yakni F, Kapolsek melihat senjata api rakitan (Senpira) terselip dipinggang kiri tersangka. Tersangka F langsung berontak dan langsung melarikan diri. Saat Kapolsek lengah, tersangka Zari Novri mencabut sebilah pisau yang terselip dipinggang kirinya. Kemudian, melihat hal tersebut Kapolsek langsung menangkis dan membanting tubuh tersangka Zahri Novri.

Tersangka berdiri dan melarikan diri. Kapolsek sempat memberikan tembakan peringatan sebanyak dua kali keatas. Akan tetapi tersangka Zahri tetap melarikan diri. Selanjutnya Kapolsek melakukan tembakan terarah ke kaki kanan tersangka Zari Novri. Sehingga tersangka jatuh tersungkur. Dan saat digeledah, pada pinggang kiri tersangka ditemukan 1 bilah pisau. Sedangkan didalam box motor tersanka juga ditemukan 1 bilah pisau.

“Hasil intrograsi, saat ditangkap tersangka rencananya akan mencuri sepeda motor honda beat warna biru-putih yang terparkir di depan toko Arien, akan tetapi keburu terpergok saya,”jelasnya.

Selain itu, pengakuan tersangka kepada Polisi telah melakukan jamret dan curanmor di wilayah Selatan 2 LP yakni LP/B-14/I/2018/Sumsel/Llg/Sek.Sel, 18 Januari 2018 dengan korbannya Siti Choiriyah, TKP di depan SPBU Marga Mulya, Kecamatan Lubuklinggau Selatan 2. Berikutnya pernah beraksi diwilayah hukum Lubuklinggau Timur dengan 2 LP dan di Lubuklinggau Utara sebanyak 1 LP.

Dari tersangka Polisi mengamankan 1 unit sepeda motor Honda Supra X 125 warna hitam BD 6020 CO. Dua bilah pisau bersarung yang dililit isolasi ban warna hitam, 1 buah potongan kabel tembaga berbentuk Letter “U”. Lalu 1 buah tas pinggang merk Turn Back Crime warna Coklat kombinasi warna merah dan hitam. Selain itu, ikut diamankan pula 1w buah kartu memory card HP yang diduga milik korban jamret. Dan 1 lembar surat pembelian cincin mas dari toko Sinar Mas Lubuklinggau, berupa cincin 3 Gram, 27 Desember 2017.(HS-09)