Jadi Pahlawan Masa Kini

Kanan : Ketua legium veteran Republik Indonesia cabang Rejang Lebong Peltu Ibnu Hajar dan rekan-rekan Veteran lainnya

Silampari Online

REJANG LEBONG -Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. Setiap tanggal 10 November, bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan.

Muat Lebih

Hari Pahlawan merupakan momentum sangat penting untuk mengingat jasa para pahlawan dan pejuang, serta menanamkan ingatan kembali kepada masyarakat, khususnya bagi generasi muda.

“Perlu diteladani dalam peringatan Hari Pahlawan adalah spirit mengorbankan jiwa dan raga demi kepentingan bangsa dan negara, bukan untuk kepentingan individu dan kelompok, apalagi tema hari pahlawan 10 november mendatang aku pahlawan masa kini,”Kata Bupati Rejang Lebong H.A.Hijazi.

Kalau dulu Sambung Hijazi para Syuhada, veteran, pahlawan bangsa Indonesia berjuang mengusir penjajah dari Bumi Pertiwi namun untuk saat sekarang semua orang mempunyai kesempatan untuk menauladani semangat juang para pahlawan terdahulu dengan mengisi kegiatan-kegiatan positif yang bermanfaat untuk bangsa dan negara Indonesia minimal bermanfaat untuk masyarakat Rejang Lebong.

“Marilah kita warisi semangat juang para pahlawan Indonesia dalam memperebutkan kemerdekaan Republik Indoneisa dengan pendidikan, aksi-aksi sosial yang bermanfaat untuk masyarakat,”ajak Hijazi.

Sementara itu, Ketua legium veteran Peltu Ibnu Hajar Kamis (7/11) mengatakan sebentar lagi hari pahlawan 10 november mendatang yang diperingati setiap tahunnya kami sebagai orang tua saat ini yang dulunya mengangkat senjata mengusir penjajah dari Tanah air Indonesia dengan semangat pantang menyerah.

“Waktu itu yang ada dihati kami hanyalah kemerdekaan sehingga kami berjuang pantang menyerah, banyak diantaranya kami yang kehilangan harta benda bahkan nyawa kami korbankan, perjuangan ini dengan penuh air mata,”terangnya.

Jadi, dirinya berpesan kepada generasi penerus bangsa yang merupakan generasi milineal untuk terus mengingat sejarah perjuangan bangsa lebih penting lagi adalah menghargai orang-orang yang berjasa atas republik ini.

“Saya percaya masih banyak di Indonesia orang-orang yang berbuat untuk kepentingan bangsanya dan bermanfaat bagi masyarakat. Merekalah pantas disebut pahlawan,”tuturnya.

Sementara itu, Sambung Ibnu Hajar dari data yang ada di sekretariat legium veteran Repbulik Indonesia Rejang Lebong tercatat 25 orang veteran dan janda veteran.

“Tidak banyak yang kami harapkan, generasi penerus bangsa harus jaga NKRI, jadilah orang yang bermanfaat untuk orang lain,masyarakat bangsa dan negara terlebih jika ada karya teknologi yang bisa disumbangkan untuk kepentingan umum dan itu sudah layak disebut pahlawan saat ini,”pungkasnya.(HS-06)