Jadi Pembicara Semnas HMI Sumbagsel, Beni : Pemkab Muba Komitmen Jaga Lingkungan

Beni saat menjadi pembicara pada seminar nasional Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel), dengan tema Apa Kabar SDA dan Lingkungan Hidup di Sumsel, Sabtu (24/8/2019). foto Kominfo Muba

SILAMPARI ONLINE

SEKAYU
– Bupati Musi Banyuasin (Muba) H Dodi Reza Alex Noerdin melalui Wakil Bupati Muba Beni Hernedi menyebutkan Pemkab Muba memiliki komitmen membangun daerah dengan tetap menjaga lingkungan.

Demikian disampaikan Beni saat menjadi pembicara pada seminar nasional Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel), dengan tema “Apa Kabar SDA dan Lingkungan Hidup di Sumsel?”, bertempat di Aula DPR RI Provinsi Sumsel, Minggu (25/8/2019).

Muat Lebih

“Komitmen Pemkab Muba menjaga lingkungan tertuang dalam Misi Kabupaten Muba yaitu, Mengelola Sumber Daya Alam (SDA) secara optimal dan bertanggung jawab dengan memperhatikan aspek kelestarian lingkungan (green growth governance),”ujarnya.

Beni juga memaparkan bahwa Kabupaten Muba dengan luas wilayah 14, 265 96 km, dengan luas 15% dari luas Provinsi Sumsel dan memiliki jumlah masyarakat 629.791 jiwa. Adapun potensi energi primer di Muba memiliki kekayaan gas, minyak dan batubara, selain itu juga potensi kelapa sawit dan karet.

“Dengan luas wilayah tersebut yang memiliki hutan dan lahan cukup luas, menjadi tantangan bagi kami pada saat sekarang ini memasuki musim kemarau, dimana terjadinya kebakaran hutan, kebun dan lahan gambut. Namun kami tidak tinggal diam, Pemkab saling berkordinasi dengan TNI dan Polri berjibaku memadamkan api tersebut dengan turun langsung ke lokasi karhutlah,”bebernya.

Wabup mengatakan, untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan ini tentunya tidak cukup hanya dengan bantuan teknologi water boombing saja atau modifikasi cuaca, namun turunnya hujan merupakan solusi yang tepat.

“Kami telah berusaha keras untuk pemadaman api ini seperti, menurunkan alat berat dengan membuat batas (kanal/sekat) lahan terbakar, dan tim satgas pemadaman kebakaran yang tidak meninggalkan lokasi sampai saat ini. Namun tetap solusi terbaik harapannya turun hujan, maka dari itu mari kita Solat Istisqo do’a bersama memohon kepada Allah swt agar diturunkan hujan secepatnya, “ucap Beni.

Dikatakan Beni, seminar terkait lingkungan hidup merupakan sarana sosialisasi serta edukasi lingkungan dengan target usia remaja atau generasi milenial, karena harapan dan masa depan lingkungan diletakkan dipundak generasi muda.

“Diharapkan seminar ini akan membuka wawasan generasi milenial untuk mengenal program-program lingkungan hidup, dapat meningkatkan pemahaman mengenai lingkungan hidup serta dapat terus menjaga lingkungan baik saat ini sampai masa mendatang,”tutupnya.

Mewakili Gubernur Sumsel H Herman Deru, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Provinsi Sumsel, Akhmad Najib membuka secara resmi acara seminar nasional tersebut.

“Saya bangga HMI Sumsel gelar kegiatan seminar nasional dengan mengangkat tema tekait Lingkungan Hidup, Kegiatan ini wajib dilaksanakan sebagai bentuk dukungan terhadap pelaksanaan hari lingkungan hidup nasional dan hari lingkungan hidup internasional sebagai upaya meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kelestarian lingkungan hidup,”ujarnya.

Pada kesempatan tersebut selain Wabup Muba Beni Hernedi, juga dihadirkan Dewan Walhi Nasional Muslimin Pardi D, Dir Wahli Sumsel M Hairul Sobri, Pengusaha Qodry Usman, Kodim 0418 Palembang Letkol Arm Widodo C, Pakar Hukum Dr Tarech Rasyid selaku narasumber seminar nasional. (rel)