Jalintengsum Tebing Talang Gunung Ambles

AMBLES : Kondisi Jalan Lintas Tengah Sumatera (Jalintengsum) di kawasan Tebing Talang Gunung, Kelurahan Jaya Loka, yang ambles, Sabtu (8/2/2020). Foto : Fahrurozi/Silampari Online.

SILAMPARI ONLINE, EMPAT LAWANG – Jalan Lintas Tengah Sumatera (Jalintengsum) di kawasan Tebing Talang Gunung, Kelurahan Jaya Loka, Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang, ambles.

Akibat kejadian itu, kendaran yang melintas di kawasan itu harus antre satu-satu, hati-hati dan pengendara harus meningkatkan kewaspadaan dengan memperlambat laju kendaraannya.

Bacaan Lainnya

Informas yang berhasil dihimpun, kejadian amblesnya jalan itu, mulai terlihat Jum’at (7/2) sore sekitar jam 17.00 WIB dan terlihat semakin parah sekitar jam 20.00 WIB.

“Kami sedang melakukan pemasangan rambu untuk memberi peringatan para pengendara agar hati-hati melintas di lokasi ini. Rambu-rambunya dari PPK 2.4,” kata salah seorang petugas Pengawas dan Preservasi Jalan dan Jembatan Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional, Madi saat dibincangi Silampari Online, di lokasi kejadian, Sabtu (8/2).

Disampaikannya, jalan tersebut akan segera dilakukan penimbunan di bagian amblesnya, dengan material golongan C untuk sementara waktu. “Materialnya sudah kita pesan, Insya Allah hari ini juga kita lakukan tindakan penimbunan,” kata dia.

Diceritakannya, penyebab amblesnya jalan ini, karena terjadi hujan yang intensitasnya cukup tinggi. Amblesnya jalan di lokasi ini sudah sering kali terjadi, karena memang kontur tanahnya yang tidak stabil. “Padahal titik ini baru saja diaspal. Kini kembali lagi ambles,” sesalnya.

Meski ambles, sebut Madi, kendaraan masih bisa melintas. Pihaknya menyarankan agar pengendara dapat meningkatkan kewaspadaan saat melintas.

“Sejauh ini untuk di Empat Lawang, hanya satu titik di Tebing Talang Gunung ini yang ambles. Ada lagi di Desa Taba Saling, itu cuma bahu jalan yang ambles, karena tergerus air akibat gorong-gorongnya tersumbat sampah,” jelasnya. (frz)