Jangan Buang Puntung Rokok Sembarangan

SILAMPARI ONLINE, LUBUKLINGGAU- Dalam satu minggu ini, sudah terjadi enam kebakaran di Kota Lubuklinggau dan rata rata kebakaran lahan.

Untuk langkah tegas dan antisipasi agar tidak kembali terulang kejadian kebakaran lahan. Kapolres Lubuklinggau AKBP Dwi Hartono ketika dimintai tanggapan perihal itu usai mengikuti upacara perayaan HUT ke 74 RI di Perbakin Kayu Ara mengatakan pihaknya sudah mengantisipasi Karhutlah.

Muat Lebih

Dari awal pihaknya sudah mengatakan Babinkambtibnas selalu mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membakar lahan .

“Saya sendiripun sudah melaksanakan patroli Karhutlah dan memang ada kebun, satu atau dua dilakukan pembakaran, tetapi pada saat kita lihat, proses itu sudah selesai, hanya tinggal asap sedikit-sedikit saja,” ungkapnya.

Dan kemarin, kebakaran lahan di depan SMAN 3 Petanang, pihaknya tidak mengetahui siapa pelaku pembakaran. Dimungkinkan orang yang membuang puntung rokok.

“Kita sudah intruksikan dan mengimbau kepada Babinsa bahwa kalau ada yang sengaja membakar,memang ada sanksinya,” terang Dwi Hartono.

Berdasarkan LAPAN, Lubuklinggau tidak ada titik hot spot, dan bukan target utama. Namun memang ada yang kecil kecil. Meskipun begitu jika ada yang membakar dan berdampak luas, pihak aparat keamanan akan memproses secara hukum.

Di Lubuklinggau yang lahannya rawan akan kebakaran berada di Jukung, di daerah Petanang sedikit rawan, di kawan selatan sedikit rawan.

“Babinsa-nya saya suruh patroli terus,terutama di daerah Jukung , Lubuk Binjai ,Air Kati. masyarakat kita ini banyak yang kurang tahu mengenai adanya aturan pelarangan membakar lahan, tapi kita sudah sosialisasi terus, selebaran juga sudah disebar,”terangnya.

Sementara itu, Walikota Lubuklinggau H SN Prana Putra Sohe mengatakan di Lubuklinggau Linggau tidak terlalu berlebihan, namun ia tetap mengantisipasi, mengawasi dan mengimbau masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan membakar.

“Begitupun puntung rokok, jangan buang sembarangan puntung rokok,” pungkasnya. (02)