Jangan Takut Gunakan Dana Desa dan Dana Kelurahan

SOSIALISASI : Pelaksanaan kegiatan Sosialisasi Pembinaan dan Pengawasan Pelaksanaan Dana Desa dan Dana Kelurahan dalam rangka proses percepatan pembangunan guna menuju Kabupaten Empat Lawang MADANI di Aula Kantor Camat Tebing Tinggi, Selasa (17/9/2019). Foto : Fahrurozi/HS.

SILAMPARI ONLINE, EMPAT LAWANG – Para Kepala Desa dan Lurah di Kabupaten Empat Lawang, agar tidak takut menggunakan Dana Desa dan Dana Kelurahan untuk membangun desa/kelurahan. Hal tersebut dikatakan Waka Polres Empat Lawang, Kompol Raphael B Jaya Lingga. Menurut dia, sejauh penggunaan Dana Desa dan Dana Kelurahan dilaksanakan dengan benar, maka akan mendapatkan hal yang baik juga bagi Kades/Lurah termasuk masyarakat di Desa/Kelurahan yang dipimpinnya.

“Jangan pernah takut atau ragu merealisasikan Dana Desa dan Dana Kelurahan. Namun demikian juga saya ingin mengingatkan agar berkoordinasilah dengan dengan semua pihak, agar penggunaan Dana Desa atau Dana Kelurahan, benar-benar tepat penggunaannya, tidak melenceng dari yang seharusnya,” jelas Raphael saat memberikan arahan dalam kegiatan Sosialisasi Pembinaan dan Pengawasan Pelaksanaan Dana Desa dan Dana Kelurahan dalam rangka proses percepatan pembangunan guna menuju Kabupaten Empat Lawang MADANI di Aula Kantor Camat Tebing Tinggi, Selasa (17/9/2019).

Muat Lebih

Pada kesempatan itu, Raphael juga mengingatkan, siapapun dia, jika sudah ditakdirkan selaku pelayan masyarakat, maka tidak hanya bertanggungjawab atas segala perbuatannya di hadapan Tuhan YME. Namun juga bertanggungjawab dengan rakyatnya yang telah mengamanatkan. “Ketika kita berbuat, itu langsung juga dicatat oleh yang di atas. Ini tidak main-main, dari awal kita berencana hingga kita berbuat, amalan kita labgsung dicatat,” cetusnya.

Oleh karena itu, pada kesempatan sosialisasi ini, dia tidak ingin hanya menjadi kegiatan seremonial belaka, seperti kegiatan yang sudah-sudah yang tidak pernah diterapkan apa yang telah didapat setelag kegiatan sosialisasi. “Jangan sampai kita berpikiran, bahwa kegiatan ini hanya seremonial belaka, yang penting hadir dan datanga saja, setelahnya tidak ada yang dapat dilaksanakan,” imbuhnya.

Sementara itu, Camat Tebing Tinggi, Somri Azhar mengingatkan, adanya Dana Desa dan Dana Kelurahan, diharapkan dapat disinkronisasi dengan program Empat Lawang MADANI, yang diketahui merupakan program Bupati dan Wakil Bupati Empat Lawang. Diapun berharap, adanya arahan dari Inspektorat dan Polres Empat Lawang kali ini, diharapkan dapat menjadi masukan bagi Kades dan Lurah agar penggunaan Dana Desa dan Dana Kelurahan dapat benar sesuai dengan aturan dan perundang-undangan yang berlaku.

“Juga, diharapkan adanya arahan di sosialisasi ini, pelaksanaan sinkronisasinya berjalan dengan benar, baik di desa maupun kelurahan,” katanya. (HS-05)