Jelang Pilkades, Legalisir Adminduk Mulai Meningkat

Silampari Online 

MUSI RAWAS- Jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Bumi Lan Serasan Sekentenan permintaan legalisir administrasi kependudukan (Adminduk) mengalami peningkatan. Bahkan, bulan ini sudah ada 30 adminduk yang telah dilegalisir.

Bacaan Lainnya

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Musi Rawas (Mura) H Y Mori melalui Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Darwin kepada Silampari Online, Rabu (13/1/2021).

Dikatakannya, bahwa untuk saat ini antusias masyarakat untuk melakukan legalisir adminduk mengalami peningkatan. Dimana, selama Januari ini setidaknya sudah ada 30 Kartu Keluarga (KK) yang telah dilegalisir.

Menurut ia, meningkatnya permintaan legalisir adminduk ini dikarenakan untuk kepentingan berkas pencalonan Kepala Desa (Kades) kendati ada diantaranya masih ada yang malu untuk mengakuinya.

Mengenai syarat untuk legalisir adminduk sendiri. Maka dirinya mengakui cukup pemohon mengambil antrian untuk selanjutnya dipanggil namanya oleh petugas. Tentunya, menunjukkan adminduk yang asli.

Hanya saja, legalisir adminduk ini dilakukan bagi adminduk yang manual atau tanda tangan basah. Sedangkan, untuk adminduk yang telah ditanda tangani elektronik dan KTP-el tidak perlu pelayanan legalisir sesuai dengan Permendagri Nomor 104 tahun 2019 tentang pendokumentasi adminitrasi kependudukan. (Kris)