Jembatan Musi Ditumpuki Sampah

Silampari Online,

EMPAT LAWANG – Sungai Musi di Kabupaten Empat Lawang, masih menjadi primadona warga di kabupaten ini sebagai tempat pembuangan akhir (TPA) sampah. Terutama di Kecamatan Tebing Tinggi.

Muat Lebih

Hal ini dapat dilihat di hampir seluruh sisi Jembatan Musi 1 Tebing Tinggi, banyak terlihat sampah menumpuk karena tersangkut akibat aktifitas oknum warga yang membuang sampah ke sungai yang terpanjang di Pulau Sumatera, itu.

Jika diamati, hampir seluruh sampah yang tersangkut di sisi jembatan, merupakan sampah yang berasal dari rumah tangga, yang sengaja dibuang oknum warga ke sungai, namun tersangkut di sisi jembatan.

“Jelas bukan warga sekitar. Oknum warga yang buang sampah ke sungai itu berkendara, bawa sampah langsung dilempar saja ke arah sungai,” ungkap Siti, salah seorang warga saat dibuncangi Harian Silampari, Minggu (23/6/2019).

Biasanya sebut dia, oknum warga yang sengaja buang sampah dari atas jembatan itu, datang malam. Mereka memanfaatkan kondisi minimnya penerangan di atas jembatan untuk menghindari teguran dari warga sekitar. “Setelah buang langsung pergi,” ujarnya.

Warga lain, Iman mengatakan, tumpukan sampah di sisi jembatan sangat menggangu pemandangan. Aktifitas pembuangan sampah sebarangan seperti itu tidak hanya membuat sungai menjadi kotor namun dapat mempersingkat umur jembatan.

“Tumpukan sampah yang tersangkut di atas besi jembatan membuat besi jembatan cepat berkarat. Kita berharap ada tindakan nyata dari pemerintah untuk menindak pelaku pembuanf sampah sebarangan itu,” sampainya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Empat Lawang, Munfazir Ghozali melalui Kabid Kebersihan, Arta Ujang mengatakan, terkait masalah sanksi yang diberikan kepada masyarakat yang buang sampah sembarang, pihaknya masih dalam tahap pengajuan Perda-nya.

“Memang Perda-nya belum ada. Kita baru mengusulkan untuk perda buang sampah sembarangan,” akunya. (HS-05)