oleh

Juli, 3.000 Vaksin Rabies Tiba di Musi Rawas

Silampari OnlineĀ 

MUSI RAWAS- Dinas Pertanian dan Peternakan (Distannak) Kabupaten Musi Rawas (Mura), akan kembali melaksanakan pengadaan vaksin rabies sebanyak 3.000 vaksin pada Juli mendatang. Dimana vaksinasi akan dilakukan kepada hewan peliharaan yang berpotensi membawa penyakit virus rabies

Kepala Distanak Mura, Zuhri Syawal melalui Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Marzuki mengatakan, kegiatan vaksinasi sudah dilakukan sebelumnya. Hanya saja saat ini vaksinnya sudah habis, sehingga harus dilakukan pengadaan kembali.

“Sekarang vaksinnya sudah habis, dan sekarang dalam tahap pengadaan. Kemudian Juli mendatang sudah sampai sebanyak 3.000 vaksin. Kegiatan ini juga rutin dilakukan setiap tahunnya guna mencegah penyebaran virus rabies di masyarakat,”kata Marzuki, Rabu (19/5/2021).

Dikatakannya, pelaksanaan vaksinasi ini akan dilakukan secara door to door oleh petugas kesehatan hewan. Sasarannya, yakni diutamakan hewan peliharaan mulai dari anjing, kucing dan kera. Vaksinasi akan dilakukan di seluruh Kecamatan dalam Kabupaten Mura.

“Juli nanti akan kembali dilakukan untuk memvaksin hewan-hewan ini. Kita utamakan hewan peliharaan, karena kalau hewan liar tentu akan kesulitan untuk menangkapnya,”terangnya.

Menurutnya, selama ini dalam pelaksanaan vaksinasi rebies ini, petugas terkendala karena masih minimnya kesadaran para pemilik hewan yang secara sukarela meminta petugas untuk diberikan vaksin.

“Respon masyarakat tidak antusias untuk memvaksin hewan milik mereka jika tidak ada kejadian rabies,”terangnya.

Selain itu, sedikitnya ada sekitar 6.000 lebih hewan pembawa rebies yang tersebar di wilayah dalam Kabupaten Mura. Guna mencapai hasil maksimal dalam program vaksinasi rabies ini, pihaknya akan menurunkan petugas Puskeswan secara door to door.

“Petugas Puskeswan kita tersebar di lima Kecamatan yakni, Kecamatan Tugumulyo, Purwodadi, Megang Sakti, Muara Lakitan dan Kecamatan Tuah Negeri,”pungkasnya. (Kris)