Jumlah Pencari Kerja Menurun

iklustrasi. foto net

SILAMPARI ONLINE

MUSI RAWAS
– Minimnya lowongan pekerjaan yang ada di perusahaan yang berinvestasi membuat angka pencari kerja (Pencaker) mengalami penurunan. Sehingga, dengan kondisi ini membuat pencaker harus ke pulau jawa untuk mencari pekerjaan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Musi Rawas (Mura), H Mefta Jhoni melalui Kepala Bidang (Kabid) Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja, Sabarni Hasran mengatakan, bahwa hingga September tahun ini angka pencaker mengalami penurunan dibandingkan tahun 2018 yang lalu.

Muat Lebih

“Untuk periode Januari hingga Agustus 2019 sebanyak 763 pencaker. Sedangkan hingga Agustus 2018 sebanyak 816 pencaker,”jelas Sabarni kepada Harian Silampari, Selasa (17/9).

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa, pihaknya belum mengetahui secara pasti faktor utama menurunnya angka pencaker di Mura. Namun diindikasikan minimnya lowongan pekerjaan (Loker) menjadi penyebab menurunnya jumlah pencari kerja.
“Jumlah pencaker tahun ini paling banyak dari Kecamatan Tugumulyo dan Kecamatan STL Ulu Terawas, sebanyak 97, sedangkan untuk pencari kerja yang sedikit berasal dari Kecamatan Purwodadi 13, Kecamatan Megang Sakti 18 pencaker,”terangnya.

*Sumber : Harian Silampari