Satu Untuk Semua

Jumlah Pengunjung Fluktuatif

Silampari Online,

LUBUKLINGGAU- Jumlah pengunjung yang datang ke perpustakaan Lubuklinggau fluktuatif. Itu dikarenakan dimomen-momen tertentu angka pengunjung yang datang meningkat dan sepi.

“Kalau kunjungan itu fluktuatif. Grafiknya tidak menanjak terus. Sesuai dengan keadaan masyarakat,” kata Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Lubuklinggau, Agus Sugianto.

Menurutnya, rata-rata pengunjung perpustakaan yang datang merupakan mahasiswa, pelajar, pegawai dan umum. Dan pengunjung datang alami peningkatan jika mahasiswa tengah banyak tugas jelang membuat skripsi. Lalu dimusim liburan sekolah, makan pengunjung meningkat.

“Misal anak-anak setelah selesai melaksanakan ujian semester, anak-anak ini kan seminggu berikutnya menunggu rapor diisi, sebelum bagi rapor. Nah itu biasanya membludak,” ujarnya.

Sedangkan angka kunjungan pengunjung sepi diperpustakaan, itu juga berkaitan dengan pelaksanaan rutin pelajar dan mahasiswa. Seperti anak-anak atau pelajar tengah melaksanakan ujian, lalu mahasiswa melakukan kuliah rutin.

“Paling satu dua saja yang mencari bahan (mahasiswa). Tapi kalau dari sisi masyarakat umum, itu standar saja. Adapula yang memang pengunjung kita anggota, memang rutin dia datang,” jelasnya.

Agus menambahkan, angka pengunjung yang datang ke perpustakaan di Lubuklinggau secara umum lebih didominasi oleh pelajar. “Banyak pelajar daripada mahasiswa. Sekitar 40 persen pelajar, 20 persen mahasiswa, umum 30 persen dan pegawai 10 persen,” timpalnya.

Lebih lanjut, pihak perpustakaan disamping memberikan pelayanan perpustakaan ke pengunjung, juga melaksanakan kegiatan rutin berupa pelatihan komputer. Kegiatan itu sudah berjalan sejak 2013 yang lalu. Dan sudah 3.000 lebih peserta yang mengikuti pelatihan.

“Ada guru SD, pemuda putus sekolah, PKK, binaan babinsa, Polisi, TNI, guru TK dan PAUD dan pegawai puskesmas,” jelasnya.

Kata Agus pelatihan tersebut dilaksanakan selama empat hari. Dan mereka yang selesai mengikuti pelatihan tersebut mendapatkan sertifikat. Mereka mendapatkan pelatihan dasar komputer dan internet. (HS-02)

Komentar
Loading...