Jumlah Poskeswan Belum Ideal

Silampari Online,

MUSI RAWAS- Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Musi Rawas (Mura) berencana untuk menambah Pos Kesehatan Hewan (Poskeswan) di Kecamatan BTS Ulu. Mengingat, jumlah poskeswan yang ada saat ini belum ideal.
“Memang kalau kita lihat secara wilayah dengan jumlah Poskeswan yang tersebar belum maksimal. Karena, sembilan Kecamatan lain di Mura belum tersedia pos tersebut,”jelas Kepala Distanak Kabupaten Mura, Heryanto melalui Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dr Hewan Nasir saat diwawancarai Harian Silampari, beberapa hari yang lalu diruang kerjanya.
Lebih lanjut dirinya menjelaskan, jumlah poskeswan yang telah dibangun saat hanya baru lima dan tersebar di kecamatan Tugumulyo, Purwodadi, Megang Sakti, Tuah Negeri dan Muara Lakitan. Masing-masing poskeswan ada tiga orang petugas dan dibantu tenaga lainnya.
“Keberadaan Poskeswan untuk melayani masyarakat khususnya peternak hewan. Seperti pengendalian penyakit, vaksinasi dan pengobatan. Namun, jumlah poskeswan saat ini belum ideal karena belum mengcover seluruh kecamatan,”terangnya.
Menurutnya, idealnya keberadaan poskeswan tersebar di seluruh kecamatan. Namun, saat ini wilayah yang belum memiliki poskeswan di cover oleh poskeswan yang terdekat. Karena, poskeswan didirikan dilihat dari lokasi yang padat hewan ternak. Sebelumnya poskeswan di Kabupaten Mura ada tujuh namun sejak berdiri Kabupaten Muratara dua poskeswan yang ada seperti di Kecamatan Karang Jaya dan Kecamatan Rawas Ulu di desa Sungai Naik diserahkan pengelolaannya ke Kabupaten Muratara.
“Kedepan kita bangun kembali poskeswan di Kecamatan BTS Ulu Cecar. Karena, peningkatan hewan ternak di wilayah tersebut mengalami peningkatan,”tuturnya.
Selain itu, petugas poskeswan memberikan pembelajaran kepada peternal hewan terkait pemberian vaksinasi dan pengobatan hewan agar tidak terserang penyakit. Sehingga, menyebabkan hewan ternak mati khususnya di musim pancaroba seperti saat ini.
“Kita harapkan para petugas di poskeswan memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya peternak hewan untuk memperhatikan kesehatan hewan ternaknya dengan datang ke poskeswan ataupun mendatangkan petugas ke pemukiman masyarakat,”imbunya.
Sementara itu, Wancik (50), warga Desa Suka Makmur BTS Ulu Cecar mengharapkan pembangunan poskeswan di kecamatannya tersebut dapat terealisasi. Sehingga, dengan begitu jika ada peternak yang ingin berkonsultasi terkait vaksinasi harus ke poskeswan yang ada di Tuah Negeri ataupun lainnya.
“Kami harus keluar dengan jarak jauh untuk mendapatkan bantuan petugas poskeswan. Sehingga, para peternak sapi dan unggas meminta instansi terkait dapat membangun poskeswan di kecamatan BTS Ulu Cecar,”pungkasnya. (HS-02