Kabar “Ayam Kampus” di Bumi Silampari

ilustrasi. foto net

SILAMPARI ONLINE

LUBUKLINGGAU
– Isu adanya kegiatan terlarang dilakukan mahasiswi yakni menyambi menjadi perempuan seks komersial (PSK) atau lebih dikenal ayam kampus, menyeruak. Bahkan menjadi pembicaraan para mahasiswa-mahasiswa di lingkungan kampus di Bumi silampari.

Dikutip dari Koran Harian Silampari, bahwa salah seorang mahasiswa yang tidak mau namanya dikorankan mengungkapkan, ayam kampus itu adanya, bahkan bukan menjadi hal tabu lagi untuk dibicarakan. “Mengapa harus dimediakan, ayam kampus mah, sudah dari dulu ada kak, cuma kita tidak mau membuka aib orang, biar mereka sadar sendiri,”kata pria yang sedang mengenyam semester 9 ini.

Muat Lebih

Menurutnya, penampilan ayam kampus tidak bisa diterka ketika menjelma sebagai mahasiswi. Akan berbaur seperti mahasiswi lainnya. “Yang tahu ayam kampus ya pemakainya lah,”ketusnya.

Sementara itu, Martini, salah seorang dosen di UNIVBI ketika dimintai tanggapan perihal ayam kampus mengatakan bahwa cerita ayam kampus adalah isu lama yang sudah dari dulu.

“Isu yang sudah dari dulu ada, karena ayam kampus seperti ini sudah banyak di kota-kota besar,”terangnya.

Identitas ayam kampus, akan memalukan pihak kampus jika nantinya identitas mereka diketahui. “Kalau dibilang itu isu baru bukan isu baru, dan kalau mau dikaitkan untuk kampus itu tidak ada kaitannya dengan kampus, karena itu merupakan etika,”kata Martini. Lanjutnya, untuk dikalangan UNIVBI, pihak kampus memiliki mata kuliah khusus tentang pembinaan insan.

“Jadi untuk isu-isu seperti itu kembali lagi ke personil makanya kembali lagi ke etika mereka,” jelasnya.

Pihak UNIVBI mempunyai aturan yang mengatur etika mahasiswa, dosen dan karyawan. “Seandainya dia melanggar etika itu pasti ada tindakan tegas dari kita sebagai pihak kampus, selama ini kita selalu tindak tegas kalau ada dosen yang aneh-aneh pasti kita kasih teguran, walaupun tidak kita ekspos karena ini sifatnya rahasia jadi kita secara internal ada,”ungkapnya.(CW-01).