“Kagek Kau Kutujah”

*Kasus Perampokan Hingga Menewaskan Erwin

SILAMPARI ONLINE

LUBUKLINGGAU – Polres Lubuklinggau melaksanakan rekonstruksi jalannya peristiwa pembunuhan terhadap Erwin Kusuma Jaya (19), warga RT 6, Kelurahan Kayu Ara, Kecamatan Lubuklinggau Barat I beberapa hari yang lalu Pinggir jalan A.Yani Rt.01 Kelurahan Pasar Satelit Kec. Lubuklinggau Utara ll.
Rekontrusi adegan pencurian dengan disertai kekerasan hingga pembunuhan itu sebanyak 25 adegan. Adegan dimulai saat Tsk inisial H, K dan I merencanakan pencurian dengan memancing korban Erwin.

Muat Lebih

Pada adegan ke 3, dari gedung pasar satelit Kelurahan Pasar Satelit guna mengambil sebilah ‘pisau’ yang sebelumnya diminta untuk dibawa oleh tersangka I karena alasan takut korban yang akan ditodong akan melakukan perlawanan.
Kemudian, adegan H menyerahkan sebilah “pisau” kepada Tsk K digedung Pasar Satelit. Selanjutnya, Posisi sewaktu korban ERWIN (MD), datang ketempat kejadian menemui Tsk I, saat itu K sedang mengintai mengawasi kedatangan korban Erwin didekat pagar rumah warga tidak jauh dan TKP atau telah datang terlebih dahulu datang ke TKP.

Kemudian, I setelah sebelumnya meminta HP korban dengan cara berkata “ minjam HP kau, aku nak chat MA YA. Kemudian, H dan K mendekati korban ERWIN. setelah melihat HP korban ERWIN sudah ditangan tsk. I yang sebelumnya saling tarik menarik HP sambil berkata “ Sinikan HP kau” bersamaan saat itu korban sempat menjawab “ idak galak”, Ialu tersangka K kembali mengancam “Kagek kau kutujah”.

Lalu, tsk H, Iangsung menarik krah baju dan meninju wajah korban yang saat itu hendak melakukan perlawanan. Pada adegan ke 14 ini posisi tersangka K langsung mengeluarkan pisau dari pinggang yang mana saat itu posisi tersangka K berada disamping H yang sedang memegangi Krah Ieher baju korban.

Kemudian, tsk K langsung menikamkan pisau ke bagian perut bagian tengah tepat dibawah dada (Ulu hati) korban. Saat itu, korban terjongkok sambil memegangi perutnya setelah mengaIami luka tusuk sambil berteriak kesakitan “ aduuh” dan berlarian kearah turunan tebingan tanah menuju jalan A. Yani hingga saat itu korban tergelincir menggelinding ditebingan.

Setelah kejadian itu, tsk K menyerahkan pisau kepada tersangka H di rumah saksi inisial A sambil berkata ‘bawalah pisau kau”. Posisi tersangka H meletakkan pisau didekat lemari rumah saksi A. Kemudian, ketiga tersangka meninggalkan rumah saksi A. KBO Reskrim, Iptu Sudarno didampingi Kanit Pidkor Iptu Suroso mengatakan rekontruksi ini dilakukan untuk memperjelas perkara kejadian yang sebenarnya dan juga untuk meyakinkan Jaksa dan Hakim dalam memutuskan perkaranya di Pengadilan.

Laporan : Aan Afriandi
Editor : Agus Hubya