Kajati Tertarik dengan Inovasi IT

Silampari Online,

EMPAT LAWANG – Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sumatera Selatan (Sumsel), Ali Mukartono SH menyempatkan diri singgah di Kabupaten Empat Lawang, dalam kunjungan kerjanya ke sejumlah Kejari di wilayah Sumsel, Senin (29/1).

Muat Lebih

Kajati beserta rombongan yang sebelumnya berkunjung ke Kota Lubuklinggau, tiba di Tebing Tinggi sekitar jam 12.52 WIB dan disambut Kajari Empat Lawang beserta jajaran di Kantor Kejari Empat Lawang. Tampak hadir juga Bupati Empat Lawang, H Syahril Hanafiah turut menyambut Kajati beserta rombongan, saat tiba di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati.

Tidak banyak kegiatan yang dilakukan pria yang cukup dikenal karena kiprahnya saat menjadi Ketua Tim Jaksa Penuntut Umum dalam sidang yang mengadili mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama alias Ahok atas dakwaan kasus penodaan agama beberapa waktu lalu tersebut.

Di Kabupaten Empat Lawang, Ali hanya melakukan pertemuan tertutup dengan Kajari Empat Lawang beserta jajaran dan beristirahat sejenak, kemudian sekitar jam 14.50 WIB, rombongan kembali melanjutkan lawatannya ke sejumlah daerah lain di Sumsel, melalui jalan darat.

Saat dibincangi sejumlah wartawan, Ali Mukartono menjelaskan kunjungan kerjanya kali ini ke sejumlah kabupaten/kota, dalam rangka meningkatkan kinerja jajaran di kabupaten/kota, termasuk jajaran Kejari Empat Lawang.

“Di Empat Lawang ini, saya tertarik dengan inovasinya itu di bidang IT. IT-nya itu pada layanan masyarakatnya. Saya minta inovasinya itu tidak sebatas IT, namun juga inovasi dibidang hukum dan saya minta dikembangkan seperti itu juga,” ulasnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, persamaan persepsi antara stake-holder menyangkut pilkada serentak di sejumlah daerah di Sumsel, terkait pengamanan dan kemungkinan ada tindak pidan pelanggaran pemilukada yang terjadi selama berlangsungnya proses tersebut, turut menjadi penekanan pihaknya selaku Kejati Sumsel.

“Ada pesan khusus, itu tadi, tolong persoalan pilkada diselesaikan sedini mungkin, sehingga bisa ditangani secara cepat agar proses demokrasi ini berjalan normal,” sampainya.

Sementara itu, Kajari Empat Lawang, Ronaldwin SH mengakui, slah satu yang menjadi perhatian khusus Kajati Sumsel dalam lawatannya ke Kejari Empat Lawang, dibidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun).

“Kinerja di Datun memang menjadi perhatian khusus, meski kita akui di bidang pidana umum ada beberapa hal masih kurang. Namun demikian, beberapa kerja di Pidum, itu mulai berjalan sesuai harapan kita,” tukasnya. (HS-04)