oleh

Kampung 6 Bukit Langkap Terendam Banjir

-Tak Berkategori-295 Dibaca

Silampari Online,

MURATARA- Akibat hujan lebat mengguyur wilayah di Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), menyebabkan beberapa daerah terkena banjir. Seperti yang terjadi di Kampung 6 Desa Bukit Langkap, Kecamatan Karang Jaya menyebabkan puluhan rumah terendam banjir dan hektaran padi sawah siap panenpun ikut terendam.

Informasi yang dihimpun, banjir yang terjadi akibat luapan dua aliran sungai. Yakni sungai Bungin dan sungai lake. Bahkan ketinggia  air dipemukiman warga mencapai setinggi lutut anak-anak hingga lutut orang dewasa. “Naiknya debit air sejak pukul 01.00 Wib dini hari. Akibat curab hujan yang tinggi,” kata Sutir (53) warga setempat.

Dijelaskanya, Tingginya debit air tersebut turut serta menutup mata pencaharian warga masyarakat setempat yang nota bene pekerjaannya menyadap karet. “Gimana masyarakat mau bekerja mencari uang, jika kebun terendam banjir,” terangnya.

Dilanjutkanya, tidak hanya kebun karet yang terendam, akan tetapi hektaran hamparan sawah milik masyarakat yang siap panen juga ikut terendam. Dengan kondisi warga saat ini, warga Desa Bukit Langkap berharap uluran tangan dari Pemerintah daerah dan solusi dari dinas instansi terkait.

Serupa yang disampaikan oleh petani karet, Budi (32) menyatakan bahwa dirinya sudah hampir 1 bulan menyadap karet namun penghasilnya berkurang karena seringnya turun hujan. “Apa lagi ditambah banjir. Tentu memjadi kendala warga tidak dapat menyadap karet,” jelasnya.

Bahkan ada sawah warga di kampung 6 yang siap panen terendam. Tentu sangat mengharapkan solusi pemerintah. Jika banjir sampai 3 hari lebih,”Pungkasnya (HS-12)

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
Harian Silampari merupakan nama daerah di Bumi Silampari yang memiliki tiga wilayah satu kota dan dua kabupaten di provinsi Sumsel