Kapal Bantuan Kemenkes RI di Puskesmas Lalan ini Terbengkalai

Silampari Online,

MUSI BANYUASIN- Dua kapal Bantuan dari Kementrian Kesehatan RI sudah lama tidak berfungsi. Kendaraan itu terdampar di Depan Pukesmas Bandar Agung Kecamatan Lalan Kabupaten Musi Banyuasin.
Hal itu dikatakan Isnen (30), Pemuda Desa Suka Jadi, Kecamatan Lalan kepada Harian Silampari, Selasa (22/1/2019).
Dia mengaku, kapal itu dulu berfungsi sebagai sarana kapal terapung yang melayani kesehatan pasien yang berada di wilayah perairan kecamatan. Lalan. Namun sekarang sudah lama.tidak berfungsi lagi hampir tahunan lamanya. Padahal ini sangat membantu sekali bagi pasien-pasien yang jauh dari Puskesmas Induk. Serta pasien emergency untuk dirujuk ke Rumah sakit. Karena Kecamatan Lalan belum ada Rumah sakit yang sarana memadai. Kalau warga sakit parah harus akan dirujuk terkendala akses jalan poros yang belum ada masih menumpang jalan perusahan. Ini memakan waktu lama. Sehingga pasien ada yang tidak tertolong.
“Tapi kalau ada sarana kapal yang lengkap sarana emergency kesehatan, pasien segera mendapat pertolongan pertama, “ ungkapnya.
Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Muba, dr Azmi saat dikonfirmasi Silampari Online mengaku, sebenarnya sudah dibahas di September 2018 tentang keberadaan speed tersebut. “Saya juga sudah melihat langsung. Memang disayangkan keberadaan tersebut tapi kita sudah mengajak tim teknis apa layak untuk diperbaiki atau tidak bisa lagi, mengingat lebih besar biaya perbaikan dari pada beli baru,” ujarnya. Terpisah, Dishub Muba H Pahti Riduan mengatakan, karena kapal ini aset dinas kesehatan. Fisiknya mereka yang merawat, sedang izin operasinya Dishub berikan bantuan spekasinya. “Kami hanya berikan izinnya saja,” ucapnya. (KHS-02)