Kapolres Lahat Berikan Reward dan Punishment

Kapolres Lahat AKBP Roby Karya Adi memberikan penghargaan

Silampari Online, 

LAHAT – Janji Kapolri Jendral Tito Karnavian menindak tegas terhadap anggotanya yang bersalah dibuktikan Polres Lahat. Sedikitnya, empat oknum Polisi diberikan Funishment (hukuman) berupa Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) atau diepcat. Sebab selama menjadi anggota Polisi terbukti  indispliner. Pelaksanaan upacara PTDH itu bertempat di halaman Mapolres Lahat, diikuti seluruh jajaran Polres Lahat serta seluruh Kapolsek, Rabu (17/1).

Muat Lebih

Kapolres Lahat AKBP Roby Karya Adi SIK mengajak kepada anggota Polres Lahat agar jangan menganggap upacara ini sebagai kegiatan rutin saja, namun lebih menjadikan momentum untuk melatih tanggung jawab, serta memupuk jiwa patriotik. “Menanamkan kembali nilai-nilai dan semangat nasionalisme pada setiap individu anggota dan ASN Polri,” tegasnya.

Hal ini penting untuk membangun karakter dan jati diri Polri, serta memberikan inspirasi dan motivasi bagi peningkatan semangat pengabdian yang dilandasi oleh Tribrata dan catur prasetya. “Jadikan inspirasi untuk berbuat lebih baik lagi,” ucapnya.

Dalam kesempatan ini pula, Roby mengingatkan kepada seluruh jajarannya, agar menjadi anggota Polri yang bertanggung jawab dalam setiap tugas dan selalu menjunjung tinggi nama baik Polri dimanapun berada. “Kesempatan yang baik ini dilaksanakan pemberian Funishment kepada anggota yang bermasalah,” katanya.

Disisi lain, selain memberikan punishment ternyata Kapolres Lahat juga memberikan apresiasi pada beberapa anggota yang baik kinerjanya. Selain pemberian punishment ada juga pemberian reward bagi personil yang berprestasi. Penghargaan ini diberikan sebagai ucapan terima kasih pada personil yang telah bekerja dengan baik. “Dengan harapan penghargaan ini menjadi sarana memacu dan menumbuhkan rasa motivasi bagi personil lain untuk bekerja lebih baik lagi,” harapnya.

Sedangkan bagi anggota yang mendapat Funishment, lanjut Roby, bisa menjadi gambaran bagi personil lainnya agar menjalankan tugas sebagai Polri dapat bersunguh sungguh dalam menjalankan tugas dan kewajiban serta lebih berhati hati dalam pelaksanaan tugas dan berupaya tidak melanggar peraturan Polri yang telah ditetapkan. “Funishment yang dilakukan sebagai gambaran bahwa setiap kesalahan yang dilakukan akan mendapatkan hukuman sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” tegasnya.

Pada kesempatan baik ini pula Polres Lahat mendapat bantuan berupa 13 unit komputer, sebagai alat pengolah data SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) Polsek jajaran Polres Lahat, serta pemberian mesin Scanner untuk pembuatan SKCK Sat Intelkam Polres Lahat. “Diharapkan dengan adanya bantuan dari Mabes Polri ini dapat memperbaiki kwalitas pelayanan publik, terutama SKCK di masing masing Polsek untuk mewujudkan institusi Polri yang semakin Profesional, Modern dan Terpecaya,” pungkasnya. (HS-06)