Kecamatan Baturaja Barat tak Melayani Perekaman e-KTP, Ini Sebabnya

foto: imam/okuekpres Perangkat perekaman e-KTP di Kecamatan Baturaja Barat tak bisa digunakan lantaran rusak sejak setahun lalu. (*)

SILAMPARI ONLINE– Perangkat perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) di Kecamatan Baturaja Barat rusak . Akibatnya, Kecamatan Baturaja Barat tak melayani perekaman e-KTP. Sebaliknya, bagi warga yang akan merekam e-KTP dialihkan ke kecamatan terdekat yakni Baturaja Timur atau Semidang Aji.

Camat Baturaja Barat Heryamin didampingi Sekretaris Kecamatan Baturaja Barat Syamsurizal Fikri menerangkan, kerusakan perangkat perekam E-KTP sudah berlangsung sejak setahun lalu atau sejak 2018.
Kendati demikian, hingga kini, belum ada tanda-tanda akan diperbaiki oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil OKU. Padahal kerusakan tersebut sudah dilaporkan. Bahkan kondisi tersebut sudah sempat diketahui Bupati OKU Kuryana Azis saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Kantor Kecamatan Baturaja Barat tempo hari.
”Termasuk daftar harga peralatan e-KTP yang kita minta ke Disdukcapil OKU yang perlu diganti sampai saat ini belum dikasih Disdukcapil OKU,” kata Fikri.

Muat Lebih

Perangkat e-KTP di Kecamatan Baturaja Barat yang rusak mulai dari jaringan, alat tandatangan, alat sidik jari, perekam iris mata, dan Central Processing Unit atau CPU.”Pokoknya setahun kita tidak melakukan perekaman e-KTP,” sebutnya.

Ia berharap, ada tindakan cepat dari Disdukcapil OKU terkait kerusakan perangat e-KTP di Kecamatan Baturaja Barat. Sehingga dapat memudahkan warga di kecamatan Baturaja Barat yang ingin melalukan perekaman dan tidak harus ke kecamatan lain. ”Apalagi Kabupaten OKU akan Pilkada. Jadi perangkat e-KTP sangat dibutuhkan bagi warga yang baru berusia 17 tahun dan kepentingan kependudukan lainnya,” tandas Fikri. Pada Mei-Juni 2015 silam, kecamatan Baturaja Barat sempat berjibaku melayani masyarakat di Bumi Sebimbing Sekundang yang akan melakukan perekeman e-KTP.

Pasalnya, dari 13 kecamatan di Kabupaten OKU, hanya kecamatan Baturaja Barat yang masih bisa melayani perekaman e-KTP kala itu. Sementara di kecamatan lainnya tidak bisa melayani perekaman e-KTP elektronik akibat jaringan server bermasalah. sehingga warga harus antre untuk melakukan perekaman e-KTP di Kantor Camat Baturaja Barat setiap hari. Kini Kecamatan Baturaja Barat tak bisa melayani perekaman e-KTP sejak setahun terakhir karena kerusakan perangkat.

Sumber : okuekspres